Home Travel Aktivitas Seru Membuat Batik Sendiri di HOSHINOYA Bali
Aktivitas Seru Membuat Batik Sendiri di HOSHINOYA Bali

Aktivitas Seru Membuat Batik Sendiri di HOSHINOYA Bali

0
0

JAKARTA – Hotel HOSHINOYA Bali mulai 1 Februari mendatang bakal menawarkan aktivitas seru buat para pengunjungnya. Diberi tajuk Batik Saya, aktivitas ini diperuntukkan bagi tamu yang ingin menciptakan batik tradisional sendiri.

Dengan menggunakan lembaran tembaga yang dibuat oleh HOSHINOYA Bali, para tamu bakal diajari mengoleskan lilin dengan tangan untuk membuat batik unik mereka sendiri. Para staf juga bakal menjelaskan sejarah serta latar belakang budaya di balik seni batik, sehingga pengunjung dapat memperdalam pemahaman mengenai batik Indonesia.

Seperti kita tahu, batik adalah jenis kain khusus dari Indonesia yang dibuat dengan menutupi bagian-bagian kain menggunakan lilin untuk
melindunginya sebelum diwarnai sekaligus untuk menciptakan pola.
Seni tradisional batik masih umum dipraktikkan di tengah masyarakat Indonesia, mulai dari pakaian formal untuk pernikahan dan upacara keagamaan, hingga pakaian bisnis dan bahkan kasual yang dikenakan oleh remaja. Banyak orang juga memiliki “batik saya” sendiri, baik itu sarung, baju, maupun rok.

Dikutip dari keterangan tertulis yang diterima SINDOnews, untuk mengikuti aktivitas ini, HOSHINOYA Bali akan menyiapkan tiga pola lembaran tembaga untuk mendesain batik. Lembaran tembaga itu terinspirasi oleh motif tradisional seperti candi Hindu Bali yang telah diberi sentuhan

modern. Untuk membuat batik yang benar-benar unik, peserta dapat menggabungkan lembaran tembaga untuk membuat pola yang mereka sukai, juga menggambar pola dengan tangan dan memilih warna yang mereka sukai. Batik ini dapat digunakan untuk berbagai keperluan seperti taplak meja, saputangan, atau kain pembungkus.

Untuk membuat batik, peserta bakal menggunakan alat tradisional canting dan cap. Masing-masing motif batik memiliki makna dan sejarah
tersendiri. Peserta dapat memperdalam pemahaman mereka tentang budaya tradisional batik melalui pelajaran teknis serta penjelasan mengenai sejarah atau latar belakang budaya dari para staf hotel.

Yang menarik aktivitas membuat batik ini dilakukan di lembah terbuka yang tertutup pepohonan tropis. HOSHINOYA Bali telah menyiapkan semua alat yang diperlukan untuk membuat batik, sehingga para tamu dapat menikmati pengalaman membuat batik di tengah resor.

Sembari dikelilingi oleh alam nan asri, pengunjung dapat menikmati angin Bali, terlarut dalam waktu, dan membuat batik orisinil tersendiri. Selain pembuatan batik, pengunjung juga akan disuguhi minuman tradisional Indonesia dan dodol.

Untuk bisa mengikuti aktivitas ini, calon peserta yang hanya dikhususkan bagi tamu hotel akan dikenai biaya Rp650.000 per orang. Pemesanan tempat bisa dilakukan melalui situs hoshinoya.com/bali/en paling lambat satu hari sebelum hari H.

LEAVE YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[xcarousel condition="" order="DESC" featured="0" cats="movies" autoplay="" count="5"]