Home sport Argentina Batal Menggelar Laga Uji Coba Kontra Israel
Argentina Batal Menggelar Laga Uji Coba Kontra Israel

Argentina Batal Menggelar Laga Uji Coba Kontra Israel

0
0

BUENO AIRES – Sepak bola seharusnya tidak boleh dicampurkan dengan politik. Meski begitu, Argentina tetap bersedia menuruti permintaan para demonstran dengan membatalkan laga persahabatan kontra Israel. Argentina semula dijadwalkan akan bertandang ke Teddi Malcha Stadium, Minggu (10/6), untuk menggelar latih tanding dengan Israel.

Seharusnya itu jadi partai uji coba terakhir La Albicelestesebelum melakoni laga pembuka penyisihan Grup D Piala Dunia 2018 kontra Islandia, Sabtu (16/6). Namun, karena ada tekanan dan protes dari masyarakat internasional, Argentina akhirnya batal berduel dengan Israel. Ya, Negeri Tangodiminta banyak pihak, khususnya warga Palestina, untuk menghapus jadwal pertandingan itu. Permintaan itu disampaikan grup pendukung Palestina ketika berdemo di kantor perwakilan Argentina di West Bank, Ramallah.

Mereka mendesak agar tim asuhan Jorge Sampaoli tersebut mengurungkan rencananya hadir di Israel. Jika tidak, Angel di Maria dkk akan dicap sebagai tim yang mendukung negara pembunuh. Dalam menyampaikan protesnya, para demonstran membawa bendera dan seragam timnas Argentina berlumur warna merah yang melambangkan darah. Itu jadi simbol kalau Argentina tidak ubahnya negara bengis jika tetap latih tanding dengan Israel. Soalnya, Israel merupakan negara yang banyak membunuh warga Palestina, termasuk anakanak tidak berdosa sejak 1948.

Nyatanya, dalam satu pekan terakhir, lebih dari 115 warga Palestina yang terbunuh dan sedikitnya 3.700 terluka selama melakukan protes di perbatasan Israel. Padahal, mereka tidak membawa senjata api. Diwakili Jibril Rajoub selaku Ketua Asosiasi Sepak Bola Palestina, mereka meminta pada negara internasional untuk menjatuhkan hukuman pada Israel. Bahkan, grup pendukung Palestina ini mendesak pada FIFA untuk mencabut status Israel sebagai anggota. Sebab, Israel sudah banyak melakukan pelanggaran, di antaranya mengeluarkan larangan masuk bagi atlet Palestina.

Jika permintaan itu tidak dipenuhi, para pendemo akan meminta seluruh warga Arab untuk tidak lagi mendukung pesepak bola asal Argentina. Salah satunya berupa seruan untuk membakar seragam Lionel Messi. Menanggapi permintaan itu dan setelah menggelar rapat internal, Argentina akhirnya membatalkan laga persahabatan nya kontra Israel. Itu dibenarkan penyerang Juventus Gonzalo Higuain. ”Mereka (Argentina) akhirnya melakukan hal yang benar. Akal sehat dan kesehatan harus jadi prioritas. Kami merasa bukan hal tepat untuk pergi ke sana (Israel),” ujar Higuain, dilansir skysport.

Keputusan ini disambut warga Palestina dengan sukacita. Bagi mereka, ini bisa dianggap kemenangan Palestina atas Israel. Ya, ini menjadi sokongan moril terhadap gerakan anti-Israel di seluruh dunia. ”Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh pemain Argentina yang dipimpin Lionel Messi untuk menolak dijadikan alat bagi kegiatan yang tidak menjunjung sportivitas. Moral telah meraih kemenangan dengan pembatalan pertandingan itu,” pungkas Rajoub.

tags:

LEAVE YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[xcarousel condition="" order="DESC" featured="0" cats="movies" autoplay="" count="5"]