Home Health Begini Cara Mengurangi Risiko Terkena Penyakit Menular Seksual
Begini Cara Mengurangi Risiko Terkena Penyakit Menular Seksual

Begini Cara Mengurangi Risiko Terkena Penyakit Menular Seksual

0
0

JAKARTA – Seks yang aman merupakan kunci dalam mencegah penyakit menular seksual (PMS) atau IMS (Infeksi Menular Seksual). Melakukan hubungan seksual berarti ada kemungkinan mendapatkan infeksi menular seksual, tetapi Anda dapat mengambil langkah-langkah untuk membantu mencegah atau mengurangi risiko tersebut.

Seks yang aman jauh lebih aman daripada tidak mengambil tindakan pencegahan sama sekali. Seks yang lebih aman berarti mengambil tindakan untuk melindungi diri sendiri dan pasangan Anda dari PMS. Dengan kata lain, itu adalah kontak seksual yang tidak melibatkan pertukaran air mani, cairan vagina atau darah di antara pasangan.

Mengadopsi praktik seks yang lebih aman dapat membantu Anda tetap sehat dan bahkan membuat kehidupan seks lebih baik. Berikut adalah beberapa cara untuk mengurangi risiko PMS seperti dilansir Times Now News.

1. Mengambil tindakan pencegahan sebelum melakukan aktivitas seksual adalah cara yang efektif untuk mencegah atau mengurangi risiko PMS. Misalnya melakukan tes bersama dengan pasangan Anda, sebelum berhubungan seks.

2. Mempraktikkan seks yang lebih aman berarti menggunakan kondom atau penghambat lain untuk semua bentuk hubungan seks. Selalu gunakan kondom lateks yang dirancang untuk mencegah penyakit, memastikan kondom aman digunakan. Gunakan bendungan gigi untuk seks oral atau sarung tangan untuk penetrasi manual.

3. Mencuci, terutama setelah berhubungan seks, dianjurkan untuk membantu menghilangkan bahan infeksi pada kulit Anda. Wanita harus segera buang air kecil setelah berhubungan seks untuk mengurangi risiko terkena infeksi saluran kemih (ISK).

4. Melakukan vaksinasi terhadap penyakit human papillomavirus (HPV) dan hepatitis B (HBV).

LEAVE YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[xcarousel condition="" order="DESC" featured="0" cats="movies" autoplay="" count="5"]