Home Fashion CEO Stitch Fix Katrina Lake Jadi Inspirasi di Startup Fashion
CEO Stitch Fix Katrina Lake Jadi Inspirasi di Startup Fashion

CEO Stitch Fix Katrina Lake Jadi Inspirasi di Startup Fashion

0
0

PENDIRI Stitch Fix Katrina Lake adalah salah satu wirausaha wanita terkaya di Amerika. Tetapi, dia sama sekali tidak pernah membayangkan dan bercita-cita menjadi CEO.

“Mungkin tidak banyak pendiri dan CEO seperti saya,” kata Lake kepada CNN. Lake mengatakan bahwa memulai sebuah perusahaan tidak pernah ada dalam pikirannya. Bahkan, ketika belajar di Stanford, dia semakin tidak tertarik untuk membuat startup.

“Saya melihat orang-orang seperti Larry (Page) dan Sergey (Brin), pendiri Google, yang pintar coding dan komputer duduk di garasi dan membangun perusahaan. Saya tidak menemukan diri saya di sana,” katanya. “Bahkan, ketika memang takdir mengarahkan saya untuk membuat perusahaan, saya masih bertanyatanya, apakah ini jalan yang terbaik,” ucapnya.

Namun, itu tidak menghentikannya menjadi wanita termuda yang pernah membawa perusahaan melantai ke bursa saham. Tahun lalu Lake disebut Forbes sebagai salah satu wanita terkaya di Amerika.

Lake belajar program pra-med di Stanford. Dia bermaksud mengikuti jejak ayahnya menjadi dokter, tetapi ternyata dia lebih tertarik ke dunia ekonomi daripada harus berkutat di lab. Dia bekerja untuk kelompok konsultan ritel dan sebuah perusahaan modal ventura sebelum mendaftar di Harvard Business School untuk mengejar gelar master dalam kewirausahaan.

Di Harvard itulah ide untuk mendirikan Stitch Fix muncul. Sebagai bagian dari tugas kelas, Lake berusaha membawa pengalaman belanja yang lebih baik ke rumah konsumen wanita. Terutama, mereka yang tidak memiliki akses mudah ke berbagai macam pilihan mode, tidak punya waktu untuk berbelanja, bahkan tidak mengikuti selera mode.

Yang dia gunakan adalah layanan belanja pribadi yang menggunakan algoritma dan rekomendasi para penata gaya. Mereka akan menyusun kotak pakaian dan aksesori yang cocok dengan gaya, ukuran, dan preferensi sesuai pelanggan. Stitch Fix diluncurkan pada 2011. Perusahaan ini telah mengalami pertumbuhan yang signifikan; memiliki 2,7 juta pelanggan dan lebih dari USD1 miliar pendapatan.

“Semua pertumbuhan kami adalah organik,” kata Lake. Selanjutnya, Lake berjuang untuk mengumpulkan uang di industri yang didominasi investor laki-laki. Itu tidak mudah. Dia harus meyakinkan para investor di sebuah ruangan bahwa Stitch Fix adalah apa yang benar-benar diinginkan wanita.

“Orang menganggapnya bahwa ini hanya produk wanita, sama seperti lainnya,” ujarnya. “Tapi Anda tidak bisa menyalahkan hal itu. Sebab, 94% dari investor ventura adalah laki-laki dan memiliki preferensi yang sama,” ungkapnya.

Dalam beberapa hari sebelum Stitch Fix melantai di bursa saham, mereka terpaksa mengurangi penawaran saham dari USD18 menjadi USD20 per saham. Sahamnya dibuka di USD16,90 sebelum jatuh ke USD15,15 pada hari pertama.

Namun, Lake sangat optimistis. “Kami sudah diremehkan sebelumnya. Tapi, kami senang berada di tempat di mana kami akan membuktikan diri,” ungkapnya.

Ada yang unik saat IPO, terutama ketika foto Lake memegangi putranya yang berusia 14 bulan menjadi viral di media sosial. Lake seolah menjadi teladan bagi para wanita, terutama para ibu, yang berusaha berkecimpung di dunia startup.

“Tanggapannya luar biasa. Saya tidak pernah mengantisipasi nya,” kata Lake merendah. Sejak IPO, saham Stitch Fix telah meningkat lebih dari dua kali lipat menjadi hampir USD30 per saham seiring bagaimana perusahaan terus menumbuhkan basis pelanggan, penjualan, dan laba.

Kapitalisasi pasar perusahaan saat ini mencapai hampir USD3 miliar. Yang terbaru, Stitch Fix juga memperluas lini produk dengan memasukkan pakaian pria dan ukuran plus. Baru-baru ini dia memperkenalkan Stitch Fix Kids. Hal ini salah satunya karena Lake sedang hamil anak kedua.

“Sekarang yang saya pikirkan bukan hanya perusahaan, melainkan apa culture yang Anda ciptakan dan dampak yang Anda buat,” ungkapnya.

LEAVE YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[xcarousel condition="" order="DESC" featured="0" cats="movies" autoplay="" count="5"]