Home sport Dendam Timnas Indonesia dan Harapan untuk Generasi Emas
Dendam Timnas Indonesia dan Harapan untuk Generasi Emas

Dendam Timnas Indonesia dan Harapan untuk Generasi Emas

0
0

Hasil undian Piala AFF 2018 sudah keluar. Indonesia tergabung di Grup B yang disebut-sebut sebagai zona neraka.

Bagaimana tak seram, Indonesia dikepung dua negara yang sudah pernah jadi juara Piala AFF, Thailand dan Singapura. Ditambah, ada Filipina yang belakangan menunjukkan taringnya sebagai raksasa baru di Asia Tenggara.

Tak mudah bagi Indonesia melewati mereka. Terlebih, jika kita melirik memori di Piala AFF 2016.

Ketiga negara itu sempat jadi saingan Indonesia, dalam penyisihan grup Piala AFF 2016. Hanya Singapura, yang mampu ditundukkan Indonesia.

Saat menghadapi Filipina, Indonesia hanya mampu main imbang, 2-2. Hasil buruk dituai Indonesia saat jumpa Thailand. Pasukan Garuda kalah dengan skor 2-4.

Cuma menang sekali, Indonesia nyatanya mampu melaju ke semifinal dan membuat Filipina gigit jari. Bertemu kembali dengan Indonesia, tentu The Azkals tak mau malu untuk kali kedua.

Pun dengan Singapura. Mereka pasti tak mau jadi sasaran empuk bagi Indonesia.

Sebenarnya, dendam juga diusung oleh Indonesia ke Thailand. Kalah di penyisihan grup, Indonesia dipecundangi Thailand lagi pada final.

Dalam final leg kedua yang digelar di Rajamangala Stadium, Indonesia harus bertekuk lutut dengan skor 0-2. Hasil tersebut membuat Indonesia gagal juara, karena di pertemuan pertama, mereka hanya menang dengan skor 2-1.

Pertandingan final leg 2 Piala AFF 2016 antara Indonesia kontra Thailand

Perjuangan Indonesia untuk mengangkangi Thailand di Piala AFF kali ini juga akan sangat berat. Anak-anak asuh Luis Milla Aspas kembali harus menghadapi Thailand di Rajamangala Stadium. Keduanya bentrok pada 17 November 2018 nanti.

“Wartawan bisa bosan, karena harus ke Thailand. Dan, Thailand adalah lawan terberat Indonesia,” kata asisten pelatih Timnas, Bima Sakti Tukiman.

Di atas kertas, Indonesia jauh lebih unggul satu tim lainnya yang akan lolos lewat fase playoff, Brunei Darussalam atau Timor Leste.

Tetapi, tetap saja Indonesia harus waspada. Siapa tahu, Timor Leste atau Brunei menyimpan kejutan. Bak kotak pandora, lengah sedikit bisa jadi Indonesia akan tersakiti.

“Saya menilai, hanya Thailand yang akan jadi batu sandungan Indonesia. Singapura? Mereka masih sulit menemukan generasi baru usai era Daniel Bennet dan Mustafic Fachrudin. Filipina, mungkin masa kejayaan Timnasnya adalah pada 2014, saat mereka permalukan Indonesia 1-4,” terang pengamat sepakbola, Supriyono Prima

LEAVE YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[xcarousel condition="" order="DESC" featured="0" cats="movies" autoplay="" count="5"]