Home Business Ekonom Beberkan Alasan Cadangan Devisa Terus Menurun
Ekonom Beberkan Alasan Cadangan Devisa Terus Menurun

Ekonom Beberkan Alasan Cadangan Devisa Terus Menurun

0
0

JAKARTA – Posisi cadangan devisa (cadev) Indonesia pada akhir Juni 2018 tercatat sebesar USD119,8 miliar. Jumlah itu lebih rendah dibandingkan akhir Mei 2018 yang sebesar USD122,9 miliar.

Pengamat ekonomi Indef Bhima Yudisthira mengatakan, terdapat dua faktor penurunan cadangan devisa. Dalam hal ini, kata dia, pemerintah mengintervensi rupiah agar tidak terlalu parah.

“Cadev turun salah satunya karena digunakan BI untk intervensi stabilisasi rupiah. Pelemahan rupiah cukup parah sepanjang bulan Juni karena menyentuh Rp14.350 (per dolar AS). Nilai rupiah yang jauh di atas toleransi berisiko membebani ekonomi khususnya sektor riil sehingga BI melakukan upaya intervensi melalui cadev,” ujar Bhima saat dihubungi Sindonews, Minggu (8/7/2018).

Alasan lainnya, lanjut dia, karena kebijakan stabilisasi rupiah menggunakan bunga acuan dirasa kurang efektif. Sepanjang Mei Juni BI sudah menaikkan bunga acuan sebesar 100 bps, namun reaksi pasar tetap negatif

Penurunan cadev menurutnya juga disebabkan penjualan surat utang pemerintah tidak terlalu laris akibat naiknya bunga acuan Fed rate. Sementara, surat utang juga digunakan untuk memperkuat cadev.

“Karena itu, pemerintah perlu mendorong cadev dari sisi penerimaan ekspor dan pariwisata. Dua sumber ini relatif lebih berkualitas dibandingkan mengandalkan penjualan surat utang yang fluktuatif,” jelasnya.

LEAVE YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[xcarousel condition="" order="DESC" featured="0" cats="movies" autoplay="" count="5"]