August 11, 2022

ALABAMA – Maraknya kejahatan terhadap kaum wanita menarik perhatian para peneliti dan ahli teknologi, alhasil seorang mahasiswa Universitas Alabama telah berhasil memproduksi gelang pintar yang dapat mencegah serangan seksual pada pemakainya.

Jayun Patel sang pencipta perhiasan canggih mengatakan gelang itu dilengkapi dengan alat yang memonitor setiap gerakan dan mendeteksi perubahan pada tubuh pemakainya sebelum mengirim sinyal bahwa serangan sedang terjadi.

Sinyal akan mengingatkan polisi atau salah satu pihak yang ada di daftar nama pengguna begitu mendeteksi bahwa individu tersebut dilecehkan.

Gelang itu juga menghasilkan suara yang kuat dan memancarkan cahaya merah untuk menakut-nakuti penyerang atau menarik perhatian ke kerumunan.

Gelang Pelindung Wanita dari Serangan Seksual Resmi Diproduksi

Selain Patel, peneliti yang terlibat dalam pengembangan gelang adalah Associate Professor, Dr. Ragib Hasan. Menurut Dr. Ragib, produksi gelang diharapkan untuk melindungi pemakainya dari serangan seksual sering di kampus-kampus seperti di universitas.

“Tantangan besar untuk mencegah serangan adalah bahwa para korban seringkali sulit untuk melarikan diri untuk meminta bantuan,” katanya.

Dr. Hasan mengatakan gelang itu juga dilengkapi dengan Adafruit Circuit Playground, detektor tekanan, Global Positioning System (GPS) dan Mikrofon.

Gelang juga dapat mendeteksi apakah pemakainya dalam posisi berdiri atau menghalangi.

Dia menambahkan bahwa jika detektif itu ditemukan dalam bahaya, gelang itu akan menghubungkannya ke smartphone melalui Bluetooth dan segera mengirim pesan ke pihak darurat selain informasi tentang lokasi pengguna.

Gelang ini masih dalam bentuk prototipe dan diperkirakan akan dijual seharga kurang dari USD 40 (Rp 550ribuan).

5 thoughts on “Gelang Pelindung Wanita dari Serangan Seksual Resmi Diproduksi

  1. 176317 389056Hello! I basically would like to give a huge thumbs up for the excellent information youve here on this post. I may possibly be coming back to your weblog for far more soon. 38499

  2. 124348 287700Conveyancing […]we like to honor other websites on the web, even if they arent related to us, by linking to them. Below are some internet sites worth checking out[…] 988023

  3. 54931 902216Once I originally commented I clicked the -Notify me when new feedback are added- checkbox and now every time a remark is added I get four emails with exactly the same comment. Is there any indicates you possibly can remove me from that service? Thanks! 885948

Leave a Reply

Your email address will not be published.