Home Business Jangan Takut Ketinggalan Diskon
Jangan Takut Ketinggalan Diskon

Jangan Takut Ketinggalan Diskon

0
0

Jakarta – Sudah main ke mall belum akhir-akhir ini? Saya baru saja pulang dari mall yang meriah dengan stiker warna-warni yang didominasi warna merah putih.

Tidak ada yang mau ketinggalan, semua secara serentak memasang tanda besar SALE 17 Agustusan, dengan variasi diskon antara 8%, 17%, 45% sampai dengan 73% yang menggunakan angka symbol hari dan tahun kemerdekaan Indonesia.

Bagi anda yang hidup dari bulan ke bulan di mana di tanggal segini mungkin saja sisa gaji tinggal tipis pasti pusing kalau melihat tulisan besar dengan kata DISKON atau SALE tersebut.mengharapkan gaji di mana gaji anda tinggal.

Menjelang hari-hari libur nasional seperti lebaran atau 17 Agustusan saat ini, pemilik toko di mall akan mengambil kesempatan untuk memeriahkan sambil memberi diskon khusus yang sifatnya tematik sesuai dengan momen yang ingin diambil, dalam hal ini untuk minggu ini adalah hari kemerdekaan Indonesia alias 17 Agustusan.

Pertanyaannya adalah, trus kalau diskon dan sale, sooo what gitu lho? Apakah kemudian anda lalu berbondong-bondong datang ke mall tersebut untuk belanja?

Kalau menjelang tengah bulan seperti ini dan persediaan dana anda sudah menipis, kemungkinan anda akan berfikir untuk gesek kartu kredit dalam rangka memanfaatkan momentum diskon ini, anda salah besar.

Mungkin anda berfikir, lho kapan lagi mumpung lagi diskon lho bahkan diskonnya bisa sampai 70%an. Betul? Wajar sekali bila anda tidak paham dan mengerti tentang merencanakan keuangan, termasuk merencanakan belanja anda.

Oke deh saya serukan keras-keras ya. Anda tidak harus belanja ketika ada diskon apalagi diskon tematik. Jangan pernah takut untuk ketinggalan diskon, kenapa? Karena nanti juga akan ada diskon tematik berikutnya.

Ooooh gitu tho? Well, yang harus anda selalu ingat adalah Indonesia (khususnya Jakarta) adalah surganya diskon alias SALE. Mengapa demikian? Kalau negara lain seperti di Singapura atau Malaysia jarang sekali mengadakan diskon tematik sehingga mereka mengadakan diskon khusus alias Sale besar-besaran hanya 1 tahun sekali (biasanya antara bulan Maret-Mei atau Juni-July, di Indonesia berbeda.

Indonesia surga diskon? Yes, coba perhatikan mall-mall, mereka akan selalu mengadakan Sale alias diskon besar-besaran di setiap tanggal merah dan libur nasional atau ketika ada momen khusus.

Tidak percaya? Mari kita urutkan dan bahas satu persatu. Di bulan Agustus ini, sudah pasti dong diskon menyambut hari kemerdekaan, dan kebetulan berbarengan dengan Hari Raya Idul Adha.

Di bulan September ketika tidak ada tanggal merah khusus maka mereka libur diskon atau mengadakan midnight sale. Nah lanjut dibulan Oktober nanti akan ada diskon menyambut hari Sumpah Pemuda.

Bersambung ke bulan Desember nanti akan ada diskon menyambut Natal dan Tahun Baru. Di bulan February akan ada diskon menyambut Valentine.

Di bulan April-Mei tahun depan akan ada diskon memasuki bulan suci Ramadan. Di bulan Mei-Juni tahun depan akan ada diskon menyambut Lebaran. Di bulan Juli tahun depan sendiri akan ada lagi diskon masuk sekolah alias Back To School. Naaah banyak kaaan.

Kalau di hari libur nasional dan hari besar keagamaan sering diadakan diskon tematik lalu bagaimana dengan bulan-bulan di mana tidak ada momen tersebut? Jangan takut, seperti yang sudah disebutkan di atas di bulan “sepi” tersebut mall-mall akan dengan secara kreatif mengadakan diskon khusus yang namanya “midnight sale”.

Oh iya, ini kita baru saja menghitung diskon di mall ya. Sekarang kan sedang musimnya digital niiih, pasti sudah banyak donk yang familiar dengan belanja online. Nah, belanja online pun tidak mau ketinggalan dengan juga menggelar diskon khusus, misalnya di saat hari belanja online nasional.

Sekarang sudah paham kan kenapa orang Indonesia sering diberi julukan orang konsumtif? Yes karena orang Indonesia rata-rata hobi belanja yang ditunjang dengan diskon-diskon tematik tersebut.

We are a spending country not saving and investing country. Tidak masalah bila anda bisa mengatur keuangan dengan baik dan benar, tapi banyak orang yang kelabakan bahkan terbelit utang gara-gara hobi belanja ini.

Itulah sebabnya lebih baik anda atur keuangan anda dengan baik sebelum dihabiskan untuk belanja di diskon-diskon tersebut.

Ke mana belajarnya? Coba cek di workshop yang dilaksanakan oleh tim IARFC Indonesia https://ow.ly/NbPy30gC3Dy atau tim AAM & Associates http://ow.ly/pxId30gC3BB.

Di Jakarta dibuka workshop sehari tentang bagaimana cara Mengelola Gaji dan Mengatur Uang bulanan info http://bit.ly/CPM0818 dan Belajar dan Teknik Menjadi Kaya Raya dan juga workshop sehari tentang Reksa Dana, info http://bit.ly/WRD0818.

Selain itu, atas permintaan banyak orang maka kami juga mengadakan workshop 1 hari tentang Property cara memilih dan berbisnis sewa-sewaan property, info bit.ly/PROP0818.

Untuk ilmu yang lebih lengkap lagi, anda bisa belajar tentang perencanaan keuangan komplit, bahkan bisa jadi konsultannya dengan sertifikat Internasional bisa ikutan workshop Basic Financial Planning, dan workshop Intermediate dan Advance Financial Planning di Pertengahan Agustus info http://bit.ly/INFP0818 dan http://bit.ly/ADFP0818.

Info lainnya bisa dilihat di www.IARFCIndonesia.com. Anda bisa diskusi tanya jawab dengan cara bergabung di akun telegram group kami “Seputar Keuangan” atau klik t.me/seputarkeuangan.

Kembali ke topik di atas, so jadi tidak perlu ada alasan lagi anda takut ketinggalan sale alias diskon kan. Malah yang harus dikhawatirkan adalah anda justru tidak punya uang untuk ditabung dan Investasi untuk masa depan anda dan keluarga, karena uang anda habis dipakai untuk belanja barang.

Janganlah menjadi korban budak diskon. Kalau anda ketinggalan diskon kali ini, tunggu saja 1-2 bulan lagi pasti akan ada diskon lagi. Selama musim diskon-diskon ini yang bisa anda lakukan selain shopping adalah dengan melakukan window shopping.

Selamat window shopping dan andapun akan tertawa melihat orang-orang yang kalap belanja diskon, karena anda sekarang sudah mengerti kunciannya.

tags:

LEAVE YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[xcarousel condition="" order="DESC" featured="0" cats="movies" autoplay="" count="5"]