Home Travel Jumlah Kunjungan ke Destinasi Superprioritas Naik Signifikan
Jumlah Kunjungan ke Destinasi Superprioritas Naik Signifikan

Jumlah Kunjungan ke Destinasi Superprioritas Naik Signifikan

0
0

JAKARTA – Bali masih menjadi lokasi wisata favorit turis domestik. Tapi, rupanya Pulau Dewata tak lagi mendominasi pilihan para wisatawan untuk berwisata karena wilayah lain di Indonesia juga menjadi incaran para traveler lokal untuk dijelajahi.

Fakta tersebut terungkap melalui riset perjalanan pelanggan yang dilakukan online trave agent Pegipegi dan tertuang di dalam Jurnal Pegipegi 2019 yang diterima SINDOnews. Jurnal ini di antaranya berisi rangkuman waktu tempuh perjalanan tiket pesawat dan kereta, pertumbuhan pemesanan produk, hingga fasilitas favorit pelanggan pada saat menginap di hotel berdasarkan data sepanjang 2019.

Berdasarkan data Pegipegi, pada pemesanan tiket pesawat, terdapat total 28 juta jam waktu tempuh perjalanan selama 2019. Hal ini setara dengan perjalanan pulang-pergi dari Bumi ke Mars sebanyak lima kali. Beda halnya dengan pemesanan tiket kereta. Sepanjang 2019 tercatat selama 7,15 juta jam perjalanan yang sudah ditempuh, atau setara dengan duduk termenung melihat pemandangan Pulau Jawa dan Sumatera selama 817 tahun.

Sementara itu, untuk destinasi favorit 2019, Bali masih menjadi tempat wisata primadona di Indonesia. Meski demikian, pada tahun lalu Pegipegi menemukan bahwa tidak hanya Pulau Bali yang menjadi favorit. Terdapat tiga di antara lima wisata superprioritas yang ditetapkan pemerintah Indonesia yaitu Danau Toba, Labuan Bajo, Mandalika, Likupang, dan Borobudur, yang juga mengalami peningkatan turis secara signifikan.

Pegipegi mencatat pemesanan tiket pesawat ke Labuan Bajo meningkat hingga tiga kali lipat dan pemesanan menuju Danau Toba meningkat hingga 2,5 kali lipat dibandingkan periode awal tahun 2019. Selain pemesanan tiket pesawat, data juga menunjukan bahwa pemesanan hotel di Danau Toba naik sebanyak 1,4 kali lipat. Sedangkan Likupang mengalami kenaikan bahkan hingga dua kali lipat dibandingkan tahun lalu.

Destinasi superprioritas lainnya yaitu Borobudur dan Mandalika tidak menunjukkan kenaikan yang signifikan, akan tetapi dapat diprediksi akan mengalami kenaikan pada tahun 2020 ini, sejalan dengan fokus pemerintah dalam mempromosikan destinasi-destinasi super prioritas tersebut.

Adapun fasilitas favorit pelanggan saat menginap di hotel yaitu restoran, kolam renang, bar, lounge, dan spa.

LEAVE YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[xcarousel condition="" order="DESC" featured="0" cats="movies" autoplay="" count="5"]