Home DUNIA Khawatir Virus Corona, Delapan Pesawat Dikarantina di Bandara Inggris
Khawatir Virus Corona, Delapan Pesawat Dikarantina di Bandara Inggris

Khawatir Virus Corona, Delapan Pesawat Dikarantina di Bandara Inggris

0
0

LONDON – Ketakutan terhadap virus Corona membuat delapan pesawat dikarantina di Bandara Heathrow, Inggris. Tindakan itu dilakukan setelah seorang penumpang pesawat United Airlines mengeluh gejala infeksi virus mematikan tersebut.

Penumpang pesawat United Airlines dengan nomor penerbangan 901 dari San Francisco itu kemdudian diberitahu oleh kapten pesawat untuk tetap tinggal setelah mendarat karena seseorang di dalam mungkin terinfeksi.

Penumpang asal Inggris Andy West mengungkapkan bahwa kapten pesawat mengatakan mereka mungkin tidak bisa bergerak untuk sementara waktu karena tujuh pesawat lain juga dicurigai memiliki kasus yang sama.

West mengatakan bahwa staf United Airlines, tanpa mengenakan alat pelindung, membawa penumpang ke bagian belakang pesawat dan menunggu petugas kesehatan tiba dengan mengenakan setelan baju hazmet.

“Kapten datang dan mengatakan ada dugaan kasus coronavirus dan bahwa pihak berwenang akan naik pesawat untuk mengkonfirmasi apakah itu benar atau tidak,” kata West.

“(Kapten) juga (mengatakan) bahwa ada tujuh penerbangan lain yang telah mendarat, jadi dia tidak yakin berapa lama sampai kita bisa turun,” imbuhnya seperti dikutip dari New York Post, Sabtu (15/2/2020).

West mengatakan seluruh tes itu memakan waktu sekitar 20 hingga 25 menit. Meskipun tidak ada yang panik namun kekhawatiran mulai muncul.

“Saya tidak akan menyangkal, itu membuat saya merasa gugup,” katanya.

“Menjadi berpotensi sedekat itu dengan sesuatu seperti itu adalah kekhawatiran, tapi kurasa yang harus kita lakukan sekarang adalah menunggu dan melihat apakah kasus itu benar-benar dikonfirmasi,” tuturnya.

Sementara itu seorang penumpang bernama Neerag Malhotra mentweet bahwa penumpang terjebak menunggu konfirmasi dokter dan orang yang diduga terinfeksi virus Corona diisolasi di belakang pesawat.

United Airlines mengkonfirmasi bahwa seseorang penumpang mengaku tidak enak badan di pesawat tetapi tidak menjelaskan lebih lanjut.

“Tim kami di Bandara Heathrow London menyediakan bantuan terkait penerbangan United 901 (San Francisco-London Heathrow) hari ini, menyusul laporan tentang seseorang tidak sehat di dalam pesawat,” kata maskapai itu dalam sebuah pernyataan di beberapa outlet.

“Keselamatan pelanggan dan karyawan kami adalah prioritas tertinggi kami dan kami terus bekerja sama dengan pihak berwenang setempat,” sambung pernyataan itu.

Tidak jelas apa yang terjadi pada penumpang yang mengeluhkan gejala virus Corona, atau dari mana orang tersebut bepergian.

Terkait perkembangan di pesawat lain tidak diketahui. Pihak Bandara Heathrow menolak berkomentar tetapi diyakini tetap beroperasi seperti biasa dengan semua landasan pacu tetap terbuka.

Menurut laporan setempat pihak Bandara serta Dinas Kesehatan Masyarakat Inggris, sejauh ini menolak berkomentar.

LEAVE YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[xcarousel condition="" order="DESC" featured="0" cats="movies" autoplay="" count="5"]