Home Travel Mengenal Bangka Botanical Garden, Wisata Eksotis yang Tersembunyi di Belitung
Mengenal Bangka Botanical Garden, Wisata Eksotis yang Tersembunyi di Belitung

Mengenal Bangka Botanical Garden, Wisata Eksotis yang Tersembunyi di Belitung

0
0

Travelling ke Bangka Belitung, pantai selalu menjadi objek wisata yang wajib dikunjungi. Tetapi, siapa sangka, Belitung juga memiliki wisata eksotis yang tersembunyi di Pangkal Pinang.

Selain destinasi-destinasi tentang Laskar Pelagi, Bangka Belitung juga memiliki satu destinasi yang berhubungan dengan agrowisata. Tempat ini menjadi pilihan favorit para wisatawan sebagai alternatif lain dari wisata pantai.

“Bangka Botanical Garden (BBG). Tempat ini adalah lahan pengembangan holtikultura, peternakan, penyediaan bibit dan pakan ternak. Tempat ini memanfaatkan lahan eks tambang timah dan lahan kritis berupa lahan gambut dan berpasir serta merupakan program percontohan yang dilakukan pihak swasta dalam mengelola dan menciptakan ekosistem baru. Foto dolan dari @mikii190,” tulis Instagram @ayodolan dikutip Sabtu (11/4/2020).

Bangka Botanical Garden mampu mengolah lahan dengan tingkat pH (keasaman) di bawah 5 menjadi lahan subur dengan berbagai jenis tanaman, tambak budidaya jenis ikan air tawar dan peternakan sapi perah dan potong.

Saat ini Bangka Botanical Garden merupakan acuan pengembangan lahan tidak produktif bagi daerah-daerah di Indonesia. Bahkan, lahan ini menjadi kawasan ecotourism modern serta ikon kepedulian lingkungan masyarakat Bangka Belitung.

Lokasi agrowisata ini meruapakan ruang hijau seluas 300 hektar. Wisatawan yang berkunjung ke lokasi Bangka Botanical Garden dapat menikmati kesejukan udara, sekaligus belajar mengenai usaha pertanian, peternakan, serta perikanan terpadu dengan cara organik.

Agrowisata ini letaknya cukup strategis, bersebelahan dengan Lantai Pasir Padi, serta mudah dijangkau dari pusat Kota Pangkalpinang.

Deretan cemara menuju rumah panggung yang multifungsi, akan menyambut kedatangan Anda.

Bangka Botanical Gargen juga memiliki 14 kolam ikan berbagai jenis, mulai ikan mas, nila, kakap putih, dan patin.

Ikan-ikan tersebut tumbuh subur berkat kotoran sapi dan air seninya diolah menjadi pupuk organik. BBG kini memiliki sekitar 250 ekor sapi yang terdiri dari sapi pedaging, sapi perah, dan sapi Bali.

Bangka Botanical Garden selain menjadi tempat Pre Wedding juga menjadi lokasi yang tepat bagi pencinta fotografi maupun wisata keluarga.

Bagi yang ingin menikmati sensasi menunggang kuda, ada beberapa ekor kuda yang bisa disewa pengunjung. Di sini, wisatawan bisa memetik langsung buah naga. Menariknya, Anda bisa menyaksikan kebun kurma dan membeli beragam sayuran segar.

Bagi Anda yang hobi memancing, ada kolam ikan raksasa dilengkapi pondok-pondok khusus untuk pemancing. Di sini juga ada kafe-kafe yang menyediakan susu segar dan beragam makanan.

Lokasi BBG dapat ditempuh sekitar 14 km dari pusat Kota Pangkalpinang. Arahnya sama saat menuju Pantai Pasir Padi Pangkalpinang. BBG hanya berjarak sekitar 7 km dari Bandara Depati Amir Bangka. Bagaimana, tertarik menikmati Bangka Botanical Garden?

LEAVE YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[xcarousel condition="" order="DESC" featured="0" cats="movies" autoplay="" count="5"]