Home Travel Nikmati Pesona Keunikan Pantai Jogan Yogyakarta
Nikmati Pesona Keunikan Pantai Jogan Yogyakarta

Nikmati Pesona Keunikan Pantai Jogan Yogyakarta

0
0

JAKARTA – Berbicara lokasi wisata yang ada di Kota Yogyakarta memang tidak pernah bosan dan enggak ada habisnya. Kota Gudeg ini memang sudah terkenal memiliki banyak wisata alam, edukasi, dan berbagai wisata lainnya.

Dari sekian banyak destinasi wisata, wisata pantai wajib dikunjungi, dan Pantai Jogan Gunungkidul menjadi salah satunya. Destinasi wisata pantai ini mempunyai pesona keunikan yang luar biasa cantik ditambah dengan air terjun di area bibir pantainya.

Mengutip Travelingyuk, Pantai Jogan terletak di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Berjarak kurang lebih 75 km dari Pusat Kota Yogyakarta, diperlukan waktu sekitar 2 jam perjalanan menggunakan kendaraan pribadi untuk mencapai Pantai Jogan. Harga tiket masuk wisata Pantai Jogan hanya dibanderol Rp10.000/orang, sudah termasuk dengan retribusi masuk wisata pantai yang lainnya seperti Pantai Siung dan Pantai Nglambor.

Biaya parkir di kawasan wisata ini cukup sebesar Rp2.000 untuk sepeda motor dan Rp5.000 untuk mobil. Jam operasional Pantai Jogan dibuka 24 jam nonstop. Sayangnya, fasilitas di Pantai Jogan ini masih sangat minim, hanya terdapat parkiran yang tidak begitu luas, warung makanan dan minuman, serta toilet.

Setiap libur akhir pekan, pantai ini selalu ramai pengunjung, apalagi saat long weekend. Biasanya wisatawan yang datang hingga 12 bus, belum termasuk wisatawan yang datang dengan menggunakan kendaraan pribadi seperti motor dan mobil. Ketinggian air terjun di pantai ini mencapai 12 meter dengan sumber air yang mengalir berasal dari perbukitan di sebelah utara Pantai Jogan.

Air terjunnya sendiri memiliki keunikan yang langsung mengalir ke laut, karena Pantai Jogan tidak memiliki garis batas laut. Untuk menikmati air terjun yang ada, wisatawan harus turun ke bawah dengan memilih dua cara Yang pertama, melalui tehnik canyoning atau rappeling di air terjun yang memerlukan keberanian dan kemampuan serta harus didukung dengan peralatan agar bisa menaklukkannya.

Cara kedua adalah dengan menapaki turunan yang licin dan basah. Pastikan berhati-hati, karena jalur air terjun di Pantai Jogan ini sangat curam. Di sini wisatawan dapat melihat indahnya Samudera Hindia dengan berada di atas air terjun dan deburan ombak yang sangat besar. Selain itu, pada tengah-tengah pantai, terdapat sebuah batu karang besar yang berfungsi sebagai pemecah ombak yang datang, sehingga menambah keindahan Pantai Jogan.

Pada saat senja, wisatawan juga dapat menikmati ungunya langit yang sangat indah dan dapat digunakan untuk berfoto-foto di sekitar pantai karena memiliki keindahan yang luar biasa.

LEAVE YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[xcarousel condition="" order="DESC" featured="0" cats="movies" autoplay="" count="5"]