Home Health Nyam! Ini 7 Manfaat Kesehatan Buah Ceri yang Tak Terduga
Nyam! Ini 7 Manfaat Kesehatan Buah Ceri yang Tak Terduga

Nyam! Ini 7 Manfaat Kesehatan Buah Ceri yang Tak Terduga

0
0

Jakarta – Buah ceri mungkin terbilang tak cukup populer di lidah masyarakat Indonesia, karena banyak yang tak menyukai rasanya yang kadang asam dan kadang pahit. Namun ceri diakui sebagai salah satu buah yang kaya akan manfaat kesehatan.

Satu cangkir atau sekitar 21 buah ceri mengandung 100 kalori dan 15 persen dari kebutuhan vitamin C harianmu. Dan masih ada 7 manfaat kesehatan lainnya yang bisa kamu dapatkan dari buah cantik ini:

1. Kaya anti oksidan
Buah ceri mengandung antosianin, yaitu pigmen warna merah yang baik untuk kesehatan karena merupakan antioksidan. Dan juga mengandung zat anti-inflammatory yang dapat memperlambat penuaan dan menangkal penyakit-penyakit kronis seperti penyakit jantung, kanker, Alzheimer’s, diabetes, dan obesitas.

2. Bebas dari diabetes
Efek anti-inflammatory dalam buah ceri tak hanya membuat tubuhmu selalu sehat, namun buah ini memiliki indeks glikemik yang rendah. Maka sangat baik buatmu yang mengidap diabetes untuk menjaga gula darah dan level insulin, serta menghindarinya bagi yang tak mengidapnya.

3. Bikin tidur lebih nyenyak
Selain antosianin, buah ceri juga menjadi sumber dari melatonin, yakni hormon yang membantu mengontrol siklus tidurmu. Sebuah studi pada pria dan wanita yang insomnia, mengonsumsi jus ceri sebanyak 8 ons di pagi hari dan satu-dua jam sebelum tidur meningkatkan kualitas tidur.

4. Redakan arthritis
Beberapa studi menyebutkan bahwa konsumsi buah ceri sangat bermanfaat bagi pengidap osteoarthritis atau nyeri sendi dan tulang. Secara rutin mengonsumsi ceri atau 100 persen jus ceri setiap hari dapat mengurangi nyeri sendimu.

5. Bye-bye gout disease
Selain arthritis, ceri juga dapat mencegah penyakit gout, di mana sebuah zat buangan bernama uric acid mengeras di antar sendi, menyebabkan nyeri luar biasa dan bengkak. Sebuah studi pada pasien yang mengalaminya, dengan mengonsumsi ceri dergar selama dua hari menunjukkan 35 persen penurunan risiko ketimbang yang tidak makan.

6. Membatasi kolesterol
Penelitian banyak yang mengungkapkan bahwa dengan meminum jus ceri segar dapat menurunkan total kolesterol, termasuk kolesterol ‘jahat’ alias low-density lipoprotein (LDL). Dengan penurunan jumlah kolesterol, maka risiko akan terkena komplikasi penyakit kronis seperti jantungpun akan ikut menurun.

7. Redakan nyeri setelah berolahraga
Biasanya setelah berolahraga, apalagi High-intensity interval training (HIIT), bikin seluruh badan kita pegal dan nyeri sampai berhari-hari. Memakan buah ceri segar dapat melindungi kerusakan sel yang bisa terjadi saat berolahraga dan membantu pemulihan otot, dan meminum jusnya menjadi populer di kalangan profesional dan atlet.

Buat kamu yang nggak suka buah ceri, kamu bisa menyiasatinya dengan memakan manisan buah ceri yang ada di supermarket. Atau bisa mencampurkannya ke dalam smoothies, overnight oats, atau potong-potong kecil lalu taburkan di atas saladmu.

tags:

LEAVE YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[xcarousel condition="" order="DESC" featured="0" cats="movies" autoplay="" count="5"]