Home Fashion Pamer Keindahan Alam Indonesia di Kanada Lewat Batik Ombak
Pamer Keindahan Alam Indonesia di Kanada Lewat Batik Ombak

Pamer Keindahan Alam Indonesia di Kanada Lewat Batik Ombak

0
0

Satu lagi desainer Indonesia yang membawa batik ke panggung fesyen dunia. Kali ini desainer Entin Gantini menampilkan karyanya Batik Ombak di ajang Festival Indonesia 2018 bertema “Indonesian Fashion in Ottawa” di Kanada.

Entin mengatakan, Batik Ombak adalah konsep sketsa dari kreativitasnya sendiri. Dibuat dari bahan berkualitas dengan teknik batik tulis, batik ini dikerjakan oleh perajin batik di Yogyakarta. Yogyakarta dipilih karena ia hendak memberdayakan pembatik-pembatik yang hidup di desa.

Sementara motif ombak terinspirasi dari begitu luar biasanya keindahan laut Indonesia. Rancangannya ini menandai begitu dalamnya cinta Entin kepada alam Indonesia.

“Deburan ombak itu seperti energi dalam menuangkan ide-ide kreatif. Harapan saya, Batik Ombak rancangan saya bisa turut memprosmosikan pariwisata alam Indonesia ke masyarakat Kanada,” ujar Entin dalam keterangan tertulisnya kepada VIVA, Kamis 2 Agustus 2018.

Desain karya Entin lebih menekankan pada warna-warna tegas yang diartikannya sebagai kemewahan dari keberagaman budaya Indonesia. Warna tegas ini juga sebagai tanda kemewahan yang elegan, daripada penggunaan manik-manik dan aksesori lainnya.

“Karena saya tidak tertarik bunga dan perhiasan, jadi saya membuat desain mewah tanpa harus memakai manik-manik serta aksesori lainnya. Saya tuangkan dengan permainan pola cutting dan detail pinggir kain yang hampir semua dilapisi supaya warnanya lebih tegas hingga membuatnya tampak mewah,” kata perempuan asal Semarang yang kini menetap di Kanada.

Dalam acara yang berlangsung di Horticulture Building, Lansdowne Park, Ottawa, Kanada, Entin menghadirkan 12 koleksi busana ready to wear, yang pola desainnya terinspirasi dari tokoh anime Princess Warrior. Konsep narasinya lebih menyiratkan sosok wanita yang tangguh dan berani. Jika dikenakan oleh perempuan, kepercayaan dirinya lebih meningkat.

Tak berhenti di Indonesian Fashion in Ottawa 2018, Entin sudah membicarakan keberangkatnnya ke New York Fashion Week 2019 bersama KBRI untuk Kanada. Harapannya, melalui karya-karyanya, desainer Entin akan lebih banyak mempresentasikan keindahan alam Indonesia.

tags:

LEAVE YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[xcarousel condition="" order="DESC" featured="0" cats="movies" autoplay="" count="5"]