Home Health Penyebab Rasa Malas di Hari Pertama Masuk Kerja Setelah Libur Panjang
Penyebab Rasa Malas di Hari Pertama Masuk Kerja Setelah Libur Panjang

Penyebab Rasa Malas di Hari Pertama Masuk Kerja Setelah Libur Panjang

0
0

Jakarta – Sudah puas dengan libur panjangnya? Atau masih merasa enggan untuk kembali ke rutinitas pekerjaan? Bagi sebagian orang mungkin masih merasa berat untuk kembali bekerja di hari pertama setelah libur panjang.

Nah, penyebab malas masuk dihari pertama kerja setelah libur panjang sebenarnya apa sih ya? mending langsung tanya pada ahlinya yuk.

Kepada detikHealth, dosen Fakultas Psikologi Universitas Pelita Harapan Karel Karsten Himawan mengungkapkan fenomena malas masuk kerja di hari pertama setelah libur panjang ini sebenarnya mirip-mirip dengan Monday Blues, fenomena di mana produktivitas kerja seseorang menurun di hari Senin.

“Jadi saya membayangkan kalau sudah libur, maka efek Monday blue ini akan semakin besar,” ujar Karel.

Psikolog yang berpraktik di Experiencing Life Foundation (ELF), Gading Serpong ini juga menambahaan beberapa alasan mengapa seseorang bisa merasa malas masuk di hari pertama kerja setelah libur panjang sepekan.

Pertama, karena kebanyakan dari kita pastinya tidak menyenangi rutinitas. Padahal weekend tidak pernah berasa weekend bila tidak ada weekdays. Buat orang-orang yang sudah pernah merasakan libur panjang, pasti juga ada kejenuhan lagi karena bagi dia hari libur menjadi rutinitas.

Kedua, menganggap kerja sebagai beban. Bagi orang yang pekerjaannya sesuai minatnya, mereka bisa menikmati masa-masa kerjanya (work engangement), jadi tidak lagi merasakan beban, justru malah pengin cepat-cepat kerja.

LEAVE YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[xcarousel condition="" order="DESC" featured="0" cats="movies" autoplay="" count="5"]