Home Health Perlunya Persiapan Fisik Sebelum Mudik Lebaran
Perlunya Persiapan Fisik Sebelum Mudik Lebaran

Perlunya Persiapan Fisik Sebelum Mudik Lebaran

0
0

JAKARTA – Sebelum menjalankan mudik Lebaran, pastikan tubuh berada pada keadaan sehat. Persiapkan fisik dengan rutin berolahraga sebelum melakukan perjalan bisa dilakukan. Apalagi jika mudik dilakukan dalam jarak jauh dan waktu yang lama, maka persiapan fisik menjadi penting.

“Sebelumnya jogging atau jalan cepat. Dengan demikian nilai kardionya menjadi lebih bagus,” kata dr Michael Triangto, SpKO.

Adapun persiapan fisik, bisa dilakukan jauh-jauh hari. Menurut dr Michael, persiapan fisik idealnya dilakukan satu bulan sebelum melakukan perjalan mudik. Selain itu, perhatikan juga kondisi fisik saat perjalanan mudik.

Saat tubuh sudah mulai merasa lelah, segeralah beristirahat dan lakukan peregangan, khususnya saat terjebak macet. Peregangan dapat dilakukan dengan cara menggunakan handle pintu mobil dan regangkan tubuh ke kiri dan ke kanan.

“Kalau memungkinkan keluar, keliling saja sebentar. Dengan demikian membuat aliran darah menjadi lebih baik,” sarannya.

Saat istirahat, pemudik sebaiknya beristirahat minimal 30 menit setiap dua jam sekali. “Saat istirahat, pemudik sebaiknya berbaring atau memungkinkan tidur sebentar untuk menyegarkan tubuh,” tandasnya.

LEAVE YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[xcarousel condition="" order="DESC" featured="0" cats="movies" autoplay="" count="5"]