Home Health Polusi Udara Jadi Faktor Pendorong 3,2 Juta Kasus Diabetes Baru
Polusi Udara Jadi Faktor Pendorong 3,2 Juta Kasus Diabetes Baru

Polusi Udara Jadi Faktor Pendorong 3,2 Juta Kasus Diabetes Baru

0
0

Jakarta – Menurut studi terbaru yang dipublikasi dalam jurnal Lancet Planetary Health polusi udara menjadi faktor tak terduga mendorong angka kasus diabetes di dunia. Studi melihat setidaknya polusi berkontribusi terhadap 3,2 juta kasus diabetes baru tiap tahun.

Gaya hidup malas-malasan dan kegemukan memang masih jadi penyebab utama untuk diabetes tipe 2. Namun menurut para peneliti dari Washington University polusi udara juga bisa berkontribusi karena dapat menyebabkan peradangan tubuh.

Partikulat halus di udara yang berukuran kurang dari 10 micrometer saat terhirup bisa langsung menembus paru masuk ke pembuluh darah. Saat itu partikulat akan terbawa ke berbagai organ jadi pemicu reaksi peradangan.

Nah, peradangan inilah yang akan mengganggu kinerja insulin. Karena kerja insulin terganggu akan terjadi resistensi (penolakan) insulin dalam tubuh yang membuat orang kena diabetes.

“Sekitar 10 atau 15 tahun yang lalu kita hanya berpikir kalau polusi udara menyebabkan pneumonia, asma, atau bronkitis. Kenyataannya polusi udara berdampak lebih dari itu,” komentar Kepala Icahn School of Medicine dr Philip Landrigan seperti dikutip dari CNN, Minggu (1/7/2018).

Dalam studi yang melihat data dari 1,7 juta veteran di Amerika Serikat, mereka yang terpapar sekitar 5-10 mikrogram polusi per kubik meter udara berisiko terkena diabetes sampai 21 persen. Mereka yang terpapar konsentrasi lebih tinggi 11,9-13,6 mikrogram per kubik meter berisiko terkena diabetes sampai 24 persen.

Negara-negara miskin dengan kualitas udara yang buruk seperti India, Afganistan, Papua Nugini, dan Guyana disebut paling berisiko menghadapi beban masyarakat diabetes karena polusi ini.

LEAVE YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[xcarousel condition="" order="DESC" featured="0" cats="movies" autoplay="" count="5"]