Home sport Preview Belgia vs Tunisia: Unjuk Kualitas Generasi Emas
Preview Belgia vs Tunisia: Unjuk Kualitas Generasi Emas

Preview Belgia vs Tunisia: Unjuk Kualitas Generasi Emas

0
0

MOSCOW – Belgia menatap babak 16 besar saat bentrok dengan Tunisia pada laga kedua penyisihan Grup G Piala Dunia 2018. Modal kemenangan di laga pembuka membuat
De Rode Duivels alias si Setan Merah -julukan Belgia- optimistis bisa mengalahkan lawannya di Stadion Spartak, Sabtu (23/6/2018) pukul 19.00 WIB.

Belgia menang meyakinkan 3-0 atas Panama di laga pembuka, sementara Tunisia justru ditekuk Inggris 1-2. Menilik kualitas, Belgia sangat beruntung diperkuat generasi emas yang merumput di sejumlah klub top Eropa. Kevin de Bruyne, Eden Hazard, dan Romelu Lukaku merupakan sosok penting di tim tersebut. Akan sulit menghentikan laju serangan milik Belgia.

Saat menghadapi Panama, kualitas Belgia begitu terlihat. Ketika lawan mencoba berkonsentrasi menghentikan Hazard dan de Bruyne, pemain lain seperti Dries Mertens justru tak terkawal dan leluasa untuk berkreasi di lini tengah. Pemain Napoli tersebut menjadi pemecah kebuntuan Belgia setelah berhasil merobek gawang Panama.

Secara keseluruhan jika Tunisia memasang strategi untuk marking pemain Belgia, hal itu dipastikan tak akan berjalan dengan baik. Di samping itu, statistik Belgia sangat mentereng jelang laga ini. Belgia belum terkalahkan dalam 19 pertandingan terakhir mereka.

Bahkan, diantara laga itu mereka mampu menang 3-0 atas Mesir di laga persahabatan. Catatan postif itu tentu saja berguna. Apalagi Mesir dan Tunisia merupakan wakil dari Afrika dan dinilai memiliki gaya permainan yang mirip.

Sejarah pertemuan dengan tim Afrika juga berpihak pada Belgia. Mereka belum kalah dari tim Afrika di Piala Dunia, sedangkan Tunisia selau gagal mengalahkan tim Eropa di babak grup.

Kapten Belgia Eden Hazard mengaku tak sabar menanti pertandingan ini. Hazard yang haus kesuksesan bertekad membawa Belgia kampiun di Piala Dunia 2018

“Semua orang selalu berharap banyak dari Belgia, dan menilai kami selalu memainkan sepak bola yang sempurna, dan sering melakukan penguasaan bola hingga 80%,” kata Hazard.

“Tapi, semua tidak bekerja seperti itu. Kadang-kadang kami menghadapi pertandingan yang sulit dan mungkin hanya menang 1-0. Yang paling penting adalah bahwa kami memenangkan pertandingan. Kami memiliki begitu banyak bakat dalam skuat yang bisa membuat lawan terkejut.”

“Ini seharusnya menjadi Piala Dunia milik saya. Saat ini saya berusia 27 tahun, memainkan Piala Dunia kedua dan memiliki musim yang kuat secara individual,” pungkasnya.

Kendati Belgia di atas kertas diunggulkan, Tunisia juga tetap memiliki kans untuk menang di laga nanti. Tentunya mereka akan mengerahkan seluruh kemampuan yang dimiliki.

Laga ini bisa diibaratkan sebagai cambuk untuk Tunisia. Hanya kemenangan yang akan bisa menyelamatkan wajah Afrika. Pasalnya, Mesir dan Maroko sudah terlebih dahulu gagal melaju ke babak 16 besar.

Pemain depan Tunisa Fakhreddine Ben Youssef mengatakan bahwa skuat Tunisa akan berkonsentrasi peenuh dan berjuang hingga peluti panjang dibunyikan wasit.

“Mungkin secara permainan kami kalah dalam pertempuran tetapi bukan perang. Jika kami mendapat hasil imbang itu akan menjadi hasil yang sangat baik bagi kami. Tetapi kami perlu untuk menjaga konsentarsi yang lebih dalam pertandingan melawan Belgia,” pungkasnya.

Perkiraan pemain

Belgia (4-2-3-1): Thibaut Courtois; Toby Alderweireld, Jan Vertonghen, Dedryck Boyata, Axel Witsel, Kevin De Bruyne, Eden Hazard,Yannick Ferreira-Carrasco,Dries Mertens,Thomas Meunier,Romelu Lukaku.
Pelatih: Roberto Martinez

Tunisia (4-3-3): Farouk Ben Mustapha; Syam Ben Youssef,Yassine Meriah,Oussama Haddadi,Dylan Bronn, Anice Badri,Ferjani Sassi,Ellyes Skhiri,Fakhreddine Ben Youssef,Wahbi Khazri,Naim Sliti.
Pelatih: Nabil Maaloul

Tiga pertemuan terakhir
26-02-1992 Persahabatan Tunisia vs Belgia 2-1
10-06-2002 Piala Dunia Tunisia vs Belgia 1-1
07-06-2014 Persahabatan Belgia vs Tunisia 1-0

LEAVE YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[xcarousel condition="" order="DESC" featured="0" cats="movies" autoplay="" count="5"]