Home DUNIA Protes Postingan Facebook, 4 Warga Bangladesh Tewas
Protes Postingan Facebook, 4 Warga Bangladesh Tewas

Protes Postingan Facebook, 4 Warga Bangladesh Tewas

0
0

BORHANUDDIN – Sekitar 20 ribu umat Muslim Bangladesh berdemonstrasi di sebuah masjid di kota Borhanuddin, pulau Bhola, Bangladesh, Minggu (20/10). Mereka memprotes sebuah postingan di Facebook yang diduga telah mencemarkan nama baik Nabi Muhammad SAW. Aksi demonstrasi ini ditanggapi keras oleh aparat.

Seperti dikutip dari Al Jazeera, setidaknya 4 orang tewas setelah polisi menembaki ribuan pengunjuk rasa. Polisi mengatakan, mereka melepaskan tembakan untuk membela diri setelah beberapa orang melemparkan batu ke arah petugas.

“Setidaknya empat orang tewas dan hingga 50 orang terluka,” kata inspektur polisi Salahuddin Mia. Menurutnya, personel polisi tambahan dan Penjaga Perbatasan dilarikan ke pulau itu dengan helicopter untuk membantu menangani keadaan.

Jumlah korban diperkirakan akan meningkat. Seorang dokter setempat, Tayebur Rahman mengatakan, setidaknya tujuh dari 43 orang yang dibawa ke rumah sakit dan kini berjuang untuk hidup mereka.

Perdana Menteri Hasina mengatakan, akun Facebook pria yang dituduh menghasut ketegangan agama itu diretas oleh seseorang dan digunakan untuk “menyebarkan kebohongan”. “Kami melihat desas-desus tersebar di Facebook untuk menciptakan lingkungan anarki. Siapa mereka? Apa niat mereka?” Hasina mengatakan dalam pidatonya kepada anggota partai politiknya.

“Saya meminta warga negara kita untuk bersabar. Dan, mereka yang ingin memancing di perairan yang bermasalah, kita akan menemukan mereka dan mengambil tindakan terhadap mereka,” lanjutnya.

Wakil Kepala Polisi Bhola, Sheikh Sabbir mengatakan, pria itu datang ke kantor polisi pada hari Sabtu, mengklaim akun Facebook-nya diretas. “Kami juga menduga bahwa akunnya diretas dan konten ini disebarkan melalui Facebook messenger,” katanya.

LEAVE YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *