Home sport PSSI Meniadakan Kompetisi, Klub Kecewa karena Pengorbanan Mereka Sia-sia
PSSI Meniadakan Kompetisi, Klub Kecewa karena Pengorbanan Mereka Sia-sia

PSSI Meniadakan Kompetisi, Klub Kecewa karena Pengorbanan Mereka Sia-sia

0
0

JAKARTA – Keputusan PSSI meniadakan kompetisi tahun ini seolah mengabaikan suara dan pengorbanan klub. Padahal wacana melanjutkan musim di tengah pandemi corona sebelumnya berasal dari federasi di tengah penolakan sejumlah klub.

Rapat Exco PSSI dengan operator PT Liga Indonesia Baru (LIB) memutuskan menunda kompetisi hingga awal Januari 2021 mendatang. Alasan utamanya adalah pihak kepolisian enggan menerbitkan izin keramaian di tengah tahapan pilkada serentak. 
Ini merupakan penundaan kedua oleh federasi pasca-penangguhan akibat pandemi corona (Covid-19) pada pertengahan Maret lalu. Wacana menggulirkan kompetisi pada 1 Oktober kembali dilontarkan lima bulan kemudian.

Kendati sejumlah klub menunjukkan respons penolakan, PSSI bersikukuh melanjutkan kompetisi sesuai dengan jadwal. Alhasil seluruh tim kemudian melakukan renegosiasi kontrak dengan pemain, termasuk legiun asing, dan kembali menggelar latihan.


Tidak hanya itu, sejumlah klub juga sudah menentukan homebase di Pulau Jawa lantaran kompetisi akan dipusatkan di Jawa untuk meminimalisasi penyebaran virus corona. Termasuk menyediakan akomodasi untuk pemain dan ofisial.

“Januari kita lihat perkembangan, tapi paling aman digelar Februari. Format lagi kita rumuskan ulang. Yang terbaik mendengarkan masukan-masukan dari klub-klub juga. Nanti LIB akan mengeluarkan surat edaran mengenai jadwal dan format,” papar Direktur Utama PT LIB Akhmad Lukita kemarin. 

Menyikapi peniadaan kompetisi tahun ini, manajemen Persib Bandung menyatakan, penundaan yang diumumkan PSSI justru menambah kebingungan klub. Alasannya jadwal awal 2021 juga tanpa kepastian waktu.



“Kami akan menunggu surat resmi dari LIB dulu agar klub bisa menyusun perencanaan yang tepat. Soalnya awal tahun yang disebutkan tidak jelas. Jadi kita tunggu saja,” ujar Direktur PT Persib Bandung Bermartabat Teddy Tjahjono.

Penundaan ini jelas menimbulkan masalah baru bagi manajemen tim kontestan. Penyebabnya, kontrak mayoritas pemain di Kompetisi Liga Indonesia umumnya jangka pendek dan selesai pada akhir musim. Jika sesuai jadwal, kontrak pemain Liga 1 akan berakhir Desember mendatang.

Sebelumnya rapat Exco PSSIsecara aklamasi memutuskan menunda kompetisi Liga 1, 2, dan 3 tahun ini. Sebagai pengganti, liga akan kembali digulirkan pada awal Januari mendatang. 

“Kompetisi akan dimulai lagi pada awal 2021 mendatang. PSSI akan memberikan kewenangan kepada PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi Liga 1 dan 2 untuk mencari formula, format, dan sistem kompetisi terhadap keputusan PSSI tersebut,” kata Plt Sekjen PSSI Yunus Nusi. 

tags:

LEAVE YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[xcarousel condition="" order="DESC" featured="0" cats="movies" autoplay="" count="5"]