Home DUNIA Sarkozy Gugat Prancis di Pengadilan Eropa, Yakin Dirinya Tak Bersalah
Sarkozy Gugat Prancis di Pengadilan Eropa, Yakin Dirinya Tak Bersalah

Sarkozy Gugat Prancis di Pengadilan Eropa, Yakin Dirinya Tak Bersalah

0
0

PARIS – Mantan Presiden Prancis Nicolas Sarkozy siap pergi ke Pengadilan Hak Asasi Manusia (HAM) Eropa untuk membuktikan dia tidak bersalah.

Ini menjadi reaksi publik pertamanya setelah dinyatakan bersalah melakukan korupsi dan dijatuhi hukuman penjara pada Senin (1/3).

Pengadilan menemukan Sarkozy, 66, mencoba menyuap seorang hakim dan memanfaatkan pengaruhnya setelah meninggalkan jabatannya dengan imbalan informasi orang dalam tentang penyelidikan atas keuangan kampanyenya pada 2007. Sarkozy mengajukan banding atas keputusan tersebut.


Sarkozy pada Selasa (2/3) memprotes ketidakbersalahannya. Dia menganggap dirinya korban ketidakadilan yang mendalam dan keputusan itu dipenuhi inkonsistensi serta ketidakberpihakan politik dari beberapa hakim investigasi terbuka untuk dipertanyakan.


“Saya mengajukan banding atas keputusan tersebut, mungkin saya harus melanjutkan perjuangan ini hingga ke Pengadilan Hak Asasi Manusia Eropa,” tegas Sarkozy kepada surat kabar Le Figaro.

  Itu akan menyakitkan bagi saya untuk membuat negara saya sendiri dikutuk, tetapi saya siap melakukannya karena itu akan menjadi harga demokrasi,” ujar dia.

Sarkozy adalah tokoh konservatif yang memimpin Prancis dari 2007 hingga 2012. Dia dijatuhi hukuman tiga tahun penjara.

Namun, dua tahun ditangguhkan dan hakim ketua mengatakan dia terbuka baginya untuk keluar dari penjara jika ditandai dengan gelang elektronik untuk tahun yang tersisa. Keputusan itu ada di tangan hakim lain.

Dia mengatakan dia menghabiskan malam setelah vonis pengadilan dengan menonton serial drama Amerika Serikat (AS) The Killing bersama keluarganya.

Para politisi senior dari oposisi kanan-tengah bersatu membela Sarkozy. Beberapa sekutu sebelumnya berharap dia mungkin keluar dari masa pensiun untuk mencalonkan diri lagi dalam pemilu presiden 2022.

“Diakuisisi atau tidak, itu tidak akan mengubah apa pun secara politis. Saya telah mengatakan bahwa saya tidak akan menjadi kandidat dan saya mendukungnya,” tegas Sarkozy.

Sarkozy diadili dalam kasus lain terkait pendanaan kampanye ilegal akhir bulan ini.

LEAVE YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[xcarousel condition="" order="DESC" featured="0" cats="movies" autoplay="" count="5"]