May 21, 2022

Beijing: Saham-saham Tiongkok dibuka lebih rendah pada pembukaan perdagangan Selasa, 25 Januari 2022. Bursa saham Tiongkok berbalik melemah dari keuntungan sehari sebelumnya. Hal ini setelah setelah bank sentral memangkas suku bunga jangka pendek dan menengah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Mengutip Antara, Selasa, 25 Januari 2022, indikator utama pasar saham Tiongkok, indeks Komposit Shanghai dibuka merosot 0,42 persen menjadi 3.509,28. Sedangkan indeks Komponen Shenzhen yang melacak saham-saham di bursa kedua Tiongkok dibuka 0,45 persen lebih rendah menjadi 14.018,93.

Sementara itu, indeks ChiNext yang melacak saham perusahaan-perusahaan sedang berkembang atau perusahaan rintisan (startup) di papan perdagangan bergaya Nasdaq Tiongkok, tergelincir 0,67 persen menjadi 3.035,82.

Indeks ChiNext, bersama dengan indeks Komponen Shenzhen dan indeks lainnya, mencerminkan kinerja saham yang tercatat di Bursa Efek Shenzhen.

Yuan Tiongkok

Menurut Sistem Perdagangan Valuta Asing Tiongkok, kurs tengah mata uang Tiongkok, renminbi atau yuan turun tipis tujuh basis poin menjadi 6,3418 terhadap dolar AS atau USD pada perdagangan Selasa, berbalik melemah dari kenaikan 81 basis poin menjadi 6,3411 sehari sebelumnya.

Di pasar spot valuta asing Tiongkok, yuan diperbolehkan naik atau turun sebesar 2,0 persen dari tingkat paritas tengahnya setiap hari perdagangan. Kurs tengah yuan terhadap dolar AS didasarkan pada rata-rata tertimbang harga yang ditawarkan oleh pelaku pasar sebelum pembukaan pasar uang antarbank pada setiap hari kerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published.