Home Mobile Siapkan Kocek, iPhone 12 Sudah Kantongi Sertifikasi TKDN, Kapan Rilis di Indonesia?
Siapkan Kocek, iPhone 12 Sudah Kantongi Sertifikasi TKDN, Kapan Rilis di Indonesia?

Siapkan Kocek, iPhone 12 Sudah Kantongi Sertifikasi TKDN, Kapan Rilis di Indonesia?

0
0

JAKARTA – Tidak perlu repot membeli iPhone di Singapura. Sebab, iPhone 12 sudah resmi mengantongi sertifikasi Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) yang dikeluarkan oleh Kementerian Perindustrian (Kemenperin). Artinya, ponsel tersebut akan segera rilis di Indonesia dalam waktu dekat. 

Tentu saja, masih ada satu langkah lagi yang harus dilalui. Yakni, izin dari Direktorat Jenderal (Ditjen) Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Memang belum ada kepastian kapan iPhone akan secara resmi dipasarkan. Tapi, kemungkinan besar dalam 1-2 bulan lagi.

Siapkan Kocek, iPhone 12 Sudah Kantongi Sertifikasi TKDN, Kapan Rilis di Indonesia?

Sesuai dengan nomor sertifikat 1030/SJ-IND.8/TKDN/10/2020 yang dikeluarkan pada 27 Oktober 2020, ada 4 perangkat yang telah di daftarkan oleh PT Apple Indonesia. Keempatnya sudah lolos TKDN sebesar 30%.

Keempat perangkat itu, meliputi iPhone model A2399 (iPhone 12), iPhone model A2403 (iPhone 12 Mini), iPhone model A2407 (iPhone 12 Pro), dan iPhone model A2411 (iPhone 12 Pro Max).

Menariknya, seperti yang terlihat di daftar, perangkat iPhone yang masuk ke Indonesia hanya mengusung spesifikasi 4G LTE. Padahal, sebenarnya iPhone 12 sudah mendukung jaringan 5G.

Bisa jadi, karena Apple menonaktifkan fitur 5G yang juga lumrah dilakukan pabrikan smartphone lainnya. Andai nanti jaringan 5G sudah bisa digunakan di Indonesia, fitur 5G akan bisa di aktifkan kemudian.

Beda iPhone 12 versi Amerika dengan internasional hanya pada konektivitas 5G millimeter wave yang supercepat dan hanya tersedia lewat dukungan operator Verizon.halaman ke-1 dari 2

tags:

LEAVE YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[xcarousel condition="" order="DESC" featured="0" cats="movies" autoplay="" count="5"]