Home Health Studi: Retina Tipis Berisiko 2 Kali Lebih Tinggi Alami Demensia
Studi: Retina Tipis Berisiko 2 Kali Lebih Tinggi Alami Demensia

Studi: Retina Tipis Berisiko 2 Kali Lebih Tinggi Alami Demensia

0
0

JAKARTA – Penelitian terbaru menyebutkan, orang dengan retina tipis berisiko dua kali lebih tinggi mengalami demensia, di mana retina tipis memiliki dampak buruk terhadap memori sehari-hari, waktu reaksi dan penalaran hingga meningkatkan risiko penurunan mental hingga dua kali lipat.

“Kami sekarang tahu bahwa penting untuk menemukan orang pada tahap paling awal sebelum otak rusak secara permanen. Dari kombinasi dua penelitian menunjukkan peningkatan risiko dan adanya hubungan antara perubahan retina dengan demensia dan perubahan kondisi mental,” kata penulis utama penelitian, Prof Paul Foster seperti dilansir dari Mirror.

Penelitian dilakukan oleh tim dari University College London dan Moorfields Eye Hospital terhadap 32000 responden berusia 40-69 tahun yang terlihat sehat dan telah menjalani tes mata. Selanjutnya, peneliti menggunakan data UK Biobank pada pemindaian OCT untuk mengukur ketebalan lapisan neuron pada retina.

“Mereka yang memiliki retina tipis bahkan masuk dalam fase sebelum pra-demensia. Retina tipis tergolong dalam kerusakan kognitif yang sangat ringan,” jelasnya.

Pemberian obat-obatan hingga menjalani gaya hidup yang sehat seperti berhenti minum alkohol dan merokok dinilai dapat memperlambat atau menghentikan demensi pada mereka yang berisiko. Namun, penelitian ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk menemukan ambang batas ketipisan retina yang memperbesar kemungkinan demensia.

LEAVE YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[xcarousel condition="" order="DESC" featured="0" cats="movies" autoplay="" count="5"]