Home Business Suku Bunga Acuan BI Dinaikkan agar Pasar Keuangan RI Menarik
Suku Bunga Acuan BI Dinaikkan agar Pasar Keuangan RI Menarik

Suku Bunga Acuan BI Dinaikkan agar Pasar Keuangan RI Menarik

0
0

Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo, menegaskan, kebijakan kenaikan suku bunga acuan saat ini yang sebesar 5,50 persen, merupakan langkah BI untuk membuat pasar keuangan Indonesia yang tetap menarik. Meski gejolak ekonomi global saat ini terus terjadi, khususnya seperti krisis yang terjadi di Turki.

“Imbal hasil termasuk dalam Surat Berharga Negara tetap menarik dan mendorong kembali masuknya aliran modal asing untuk membiayai Current Account Deficit,” ujar Perry di Gedung BI, Jakarta, Rabu, 15 Agustus 2018.

Dia menjelaskan, perbaikan defisit transaksi berjalan yang akan terjadi itu bisa memperkuat nilai tukar rupiah. Karena, kepercayaan investor bisa terus meningkat dengan adanya kenaikan suku bunga acuan tersebut.

“25 basis poin diharapkan bisa mengompensasi untuk meningkatkan daya tarik keuangan Indonesia,” tuturnya.

Deputi Gubernur Senior BI, Mirza Adityaswara juga mengungkapkan, karena Indonesia sebagai negara yang masih mengalami defisit dari sisi ekspor impor barang dan jasanya, maka pendanaan dari luar negeri masih sangat dibutuhkan.

“Karena kita berkompetisi dengan negara lain. Maka dengan menaikkan bunga, kita juga ingin mempertahankan instrumen finansial di Indonesia tetap menarik,” tutur dia.

LEAVE YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[xcarousel condition="" order="DESC" featured="0" cats="movies" autoplay="" count="5"]