Home MotoGP Tikungan Tusuk Konde Catalunya yang Bawa Petaka
Tikungan Tusuk Konde Catalunya yang Bawa Petaka

Tikungan Tusuk Konde Catalunya yang Bawa Petaka

0
0

CATALUNYA – Keangkeran Sirkuit Catalunya kembali menghadirkan cerita yang kurang mengenakkan bagi pembalap yang tampil di kejuaraan grand prix balap motor. Terbaru, penikmat MotoGP disuguhkan dengan insiden yang melibatkan empat pembalap di tikungan 10, Minggu (16/6/2019).

Jorge Lorenzo menjadi biang kerok dari kecelakaan beruntun yang memaksa tiga pembalap lain yakni Maverick Vinales, Andrea Dovizioso, dan Valentino Rossi gagal menyelesaikan balapan pada seri ketujuh MotoGP musim ini. “Mungkin saya terlalu bersemangat. Mengetahui bahwa saya merasa baik dan saya hanya merasa bisa lebih cepat dan lebih cepat. Pendapat saya adalah bahwa tikungan tusuk konde menciptakan tabrakan ini dan kami melihat berkali-kali,” sesal Lorenzo dikutip dari DailyStar.
Tikungan 10 atau kerap biasa dikenal dengan sebutan tikungan tusuk konde merupakan hal terberat yang harus diwaspadai pembalap. Sejak FIA melakukan perubahan tata letak pada 2017 lalu, para joki di kelas utama harus memerhitungkan untuk melakukan penurunan kecepatan dari 267 km/jam ke 62 km/jam dengan jarak 220 meter atau sekitar 5,1 detik waktu pengereman.

Di waktu yang sama, tekanan yang diberikan pada tuas rem mencapai 6,4 kg. Dengan kata lain, masalah pengereman menjadi kunci pembalap untuk menaklukan tikungan 10. Sayangnya, Lorenzo saat itu salah membuat perhitungan dalam melakukan pengereman sehingga ia kehilangan keseimbangan dan menabrak tiga pembalap lain, yakni Dovizioso, Vinales, dan Rossi.

“Kami hanya perlu memahami sebanyak mungkin bahwa hari ini saya tidak menyadari, mengingat atau memperhatikan bahwa terutama di tikungan pertama, lebih baik untuk sedikit lebih berhati-hati di tikungan. Ini kesalahanku.”

tags:

LEAVE YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *