Home DUNIA Venezuela Usir Kepala Delegasi Uni Eropa, Beri Waktu 72 Jam untuk Pergi
Venezuela Usir Kepala Delegasi Uni Eropa, Beri Waktu 72 Jam untuk Pergi

Venezuela Usir Kepala Delegasi Uni Eropa, Beri Waktu 72 Jam untuk Pergi

0
0

CARACAS – Venezuela mengusir kepala Delegasi Uni Eropa (UE), memberinya waktu 72 jam untuk meninggalkan negara itu, sebagai tanggapan atas perluasan sanksi Brussel terhadap pejabat Venezuela karena “merusak demokrasi.”

Majelis Nasional Venezuela awal pekan ini memilih untuk mengusir utusan UE Isabel Brilhante Pedrosa, dan meminta Presiden Nicolas Maduro untuk menyatakan pejabat itu sebagai persona non grata.

“Dia diberi waktu 72 jam untuk meninggalkan wilayah Venezuela,” kata Menteri Luar Negeri Venezuela Jorge Arreaza kepada wartawan Rabu (24/2/2021), sebagaimana dilansir RT.

Menanggapi langkah tersebut, juru bicara Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa Josep Borrell mengatakan bahwa blok ekonomi tersebut sangat menyesalkan keputusan Caracas. Dia mengatakan bahwa langkah itu hanya akan mengarah pada isolasi internasional lebih lanjut terhadap Venezuela, dan menyerukan pembatalan.

“Venezuela hanya akan mengatasi krisis yang sedang berlangsung melalui negosiasi dan dialog, di mana Uni Eropa berkomitmen penuh tetapi keputusan ini secara langsung merusak,” tambahnya.

Pada hari Senin, blok tersebut mengutip pelanggaran hak asasi manusia dan “tindakan dan keputusan yang merusak demokrasi dan supremasi hukum” saat mengumumkan sanksi terhadap 19 pejabat Venezuela, menjadikan jumlah total yang terkena pembekuan aset dan larangan perjalanan menjadi 55 orang.

UE, Amerika Serikat (AS), dan beberapa negara Amerika Selatan tidak mengakui pemilihan Venezuela pada Desember 2020, yang membuat Maduro mengambil kendali mayoritas di parlemen.

LEAVE YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[xcarousel condition="" order="DESC" featured="0" cats="movies" autoplay="" count="5"]