Home Business Wall Street Menguat Karena Pembicaraan Perdagangan AS-Kanada
Wall Street Menguat Karena Pembicaraan Perdagangan AS-Kanada

Wall Street Menguat Karena Pembicaraan Perdagangan AS-Kanada

0
0

NEW YORK – Pasar saham Amerika Serikat alias Wall Street ditutup menguat pada perdagangan Rabu waktu setempat, karena investor mencermati dimulainya kembali pembicaraan perdagangan antara AS dengan Kanada.

Sentimen positif tersebut mendorong saham-saham teknologi melanjutkan reli. Melansir dari CNBC, Kamis (30/8/2018), indeks Nasdaq naik 1% menjadi 8.109,69. Indeks S&P 500 menguat 0,6% menjadi 2.914,04, untuk pertama kalinya menembus level 2.900. Dow Jones Industrial Average bertambah 60,55 poin menjadi 26.124,57.

Saham teknologi seperti Apple bertambah 1,5% ke level tertinggi sepanjang masa. Demikian juga saham Amazon naik 3,4% ke rekor, setelah Morgan Stanley memprediksi kapitalisasi pasar mereka mencapai USD1,2 triliun di tahun ini. Saham Amazon pun ditutup pada level USD1.998,10 per lembar saham. Saham induk Google, Alphabet naik sebesar 1,5% menjadi USD1.264,65 per lembar saham.

Menteri Luar Negeri Kanada Chrystia Freeland mengatakan siap bergabung kembali dengan pembicaraan NAFTA yang baru, setelah Amerika dan Meksiko mengumumkan kesepakatan perdagangan bilateral. Freeland menambahkan, kesepakatan AS-Meksiko akan membantu memimpin jalan bagi diskusi produktif antara ketiga negara pada pekan ini.

Menteri Keuangan Amerika Serikat Steven Mnuchin mengatakan kepada CNBC, bahwa dia optimis bahwa negaranya akan mencapai kesepakatan dengan Kanada. Tetapi Gedung Putih juga siap untuk maju dengan Meksiko saja tanpa Kanada, jika mereka tidak mau dengan perjanjian yang baru. Pembicaraan perdagangan AS-Kanada akan dilakukan sebelum bulan Agustus berakhir.

“Ini selalu positif untuk pasar ketika ada negosiasi,” kata Quincy Krosby, kepala strategi pasar di Prudential Financial. Kendati Meksiko akan dimpin oleh presiden yang baru, namun presiden yang akan berakhir jabatannya juga memiliki andil dalam kesepakatan tersebut. Dan ini akan ‘menekan’ Kanada, terlebih AS memiliki negosiator yang sama.

tags:

LEAVE YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[xcarousel condition="" order="DESC" featured="0" cats="movies" autoplay="" count="5"]