Home Health Wanita dengan Diabetes Berisiko Tinggi Mengidap Kanker
Wanita dengan Diabetes Berisiko Tinggi Mengidap Kanker

Wanita dengan Diabetes Berisiko Tinggi Mengidap Kanker

0
0

JAKARTA – Penelitian terbaru menunjukkan bahwa wanita dengan diabetes lebih rentan mengidap kanker dibandingkan wanita tidak dengan diabetes. Penelitian dari The George Institute for Global Health menunjukkan wanita dengan diabetes berisiko 27% lebih besar terkena kanker.

Dilansir dari Telegraph, sedangkan untuk pria 19% lebih berisiko terkena kanker. Temuan ini berdasarkan penelitian terhadap 47 studi yang melibatkan 20 juta responden yang mengungkapkan wanita lebih rentan terkena suatu penyakit dibandingkan pria.

“Secara historis kita mengetahui bahwa wanita cenderung kurang peduli terhadap gejala-gejala yang ditimbulkan suatu penyakit jika dibandingkan dengan pria, sehingga penanganannya terbilang cukup terlambat. Mungkin penanganan yang kurang tanggap ini juga memiliki hubungannya dengan mengapa wanita lebih berisiko terkena kanker,” kata salah satu penulis The George Institute, Dr Sanne Peters.

Sementara jenis kanker yang berisiko diderita wanita dengan diabetes adalah 11% kanker ginjal, 13% kanker mulut, 14% kanker perut dan 15% kanker leukimia. Meski demikian, wanita dengan diabetes 12% berisiko lebih rendah mengidap kanker hati dibandingkan pria dengan diabetes.

Penelitian ini juga menemukan fakta lain bahwa tingginya tingkat glukosa pada tubuh dipercaya dapat merusak DNA.

“Jumlah orang yang terkena diabetes di dunia dalam 30 tahun terakhir meningkat dua kali lipat dan sampai saat ini kita masih mempelajarinya mengapa demikan,” kata dia.

tags:

LEAVE YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[xcarousel condition="" order="DESC" featured="0" cats="movies" autoplay="" count="5"]