Home DUNIA Warga London Buat Balon Udara Sadiq Khan Berbikini, Ada Apa?
Warga London Buat Balon Udara Sadiq Khan Berbikini, Ada Apa?

Warga London Buat Balon Udara Sadiq Khan Berbikini, Ada Apa?

0
0

Jakarta –  Pengunjuk rasa di London, Inggris akan melepas balon udara bergambar Wali kota Sadiq Khan sedang tiduran di pantai mengenakan bikini warna kuning cerah.

Pengunjuk rasa terinspirasi dengan balon udara Donald Trump yang dibuat untuk mengejek kedatangan presiden Amerika Serikat itu ke Inggris untuk kunjungan kerja selama 4 hari ke Inggris pada Juli lalu.

Balon udara Sadiq Khan setinggi 8 meter itu akan dibawa ke halaman gedung parlemen pada hari Sabtu mendatang dan akan dilepas ke udara pada pagi hari waktu setempat.

Lokasi pelepasan balon, mengutip Newsweek, sama saat para pengunjuk rasa melepas balon Trump setinggi 6 meter.

Penggagas ide balon raksasa Sadiq Khan bermaksud mengkritik wali kota London yang fokus pada masalah politik daripada mengurusi kota London.

Yanny Bruere, 28 tahun, si penggagas balon udara Sadiq Khan menjelaskan kepada Daily Mail bahwa dirinya marah pada Khan karena fokus pada masalah politik daripada mengurusi masalah London di antaranya angka kriminalitas yang tinggi.

“Saya hanya sangat marah bahwa Khan menempatkan dirinya berbicara atas nama Inggris saat kunjungan Presiden. Apapun yang dipikirkan seseorang tentang Trump, dia masih sebagai pemimpin di dunia merdeka dan harus setuju untuk menghormati posisi itu, khususnya saat Inggris menghadapi krisis kita berpisah dari Uni Eropa. Rasa-rasanya Wali kota London memprioritaskan permusuhan pribadinya di atas kebaikan negara ini,” kata Bruere kepada Daily Mail.

Penyelenggara Balon Raksasa Khan mengumpulkan dana secara online untuk pembuatan balon. Dana terkumpul mencapai US$ 75,558 ribu.

 

Kenapa Khan mengenakan bikini? Menurut Bruere, dirinya terinspirasi dari keputusan Khan untuk melarang iklan-iklan yang menayangkan lekuk tubuh di bawah tanah London. Ini merupakan kebijakan perdana yang dibuat Khan setelah terpilih dalam pemilihan pada Mei 2016.

Bruere tidak setuju dengan kebijakan Khan yang dianggap menghambat kebebasan berbicara warga Inggris. Khan pula yang menyetujui pelepasan balon udara Trump di kota London.

“Ini konyol bahwa dia berbicara tentang pentingnya kebebasan berbicara saat dia memberi izin London menghina Presiden Amerika Serikat sementara dia melakukan penyensoran sendiri atas kehidupan warga London. Dia tidak akan pernah memberikan izin untuk balon itu andai balon itu mengolok-olok Barack Obama,” ujar Bruere.

Untuk meluncurkan balon udara Sadiq Khan, Bruere melalui akun Twitternya mengundang warga London untuk datang di halaman gedung Parlemen Inggris.

LEAVE YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[xcarousel condition="" order="DESC" featured="0" cats="movies" autoplay="" count="5"]