Home Health Waspada, Depresi Bisa Memicu Tekanan Darah Tinggi!
Waspada, Depresi Bisa Memicu Tekanan Darah Tinggi!

Waspada, Depresi Bisa Memicu Tekanan Darah Tinggi!

0
0

JAKARTA – Banyak hal yang dapat menyebabkan seseorang mengalami hipertensi. Selain gaya hidup yang tak sehat, depresi juga memicu hipertensi. Hal ini pun sudah dibuktikan oleh banyak penelitian.

“Sudah ada studinya bahwa mereka yang memiliki tekanan darah tinggi berhubungan dengan meningkatnya kejadian depresi dan gangguan kecemasan,” ujar Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah dari RS Jantung Harapan Kita, dr. Bambang Widyantoro, Sp.JP, PhD.

Oleh karena itu, jika merasakan gangguan psikis berat, dr. Bambang menyarakan untuk segera melakukan pemeriksaan atau berkonsultasi kepada spesialis jiwa. Selain itu, dr. Bambang juga menekankan untuk tidak perlu khawatir akan stigma masyarakat terkait anggapan orang gila pada mereka yang mengunjungi spesialis jiwa.

Pasalnya, depresi dan gangguan kecemasan harus dikenali dan dikonsultasikan sejak dini. Lanjut dr. Bambang menambahkan, mereka yang memiliki hipertensi juga dapat mengalami peningkatan depresi dan gangguan kecemasan.

Sementara, hipertensi merupakam penyakit yang dapat menyebabkan komplikasi atau penyulit lanjut seperti stroke, penyakit jantung koroner dan gagal ginjal. Semua penyakit ini membutuhkan biaya yang sangat besar dan jumlah penderitanya meningkat dari tahun ke tahun.

“Hipertensi dapat menyebabkan kerusakan organ tubuh yang mempunyai pembuluh darah antara lain jantung, ginjal dan otak,” kata dr. Tunggul D. Situmorang SpPD-KGH sebagai Ketua Perhimpunan Dokter Hipertensi Indonesia atau Indonesian Society of Hypertension (InaSH).

tags:

LEAVE YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[xcarousel condition="" order="DESC" featured="0" cats="movies" autoplay="" count="5"]