February 3, 2023

TEMPO.COJakarta – Air Susu Ibu (ASI) sangat menjadi perhatian karena itu adalah sumber nutrisi bagi bayi. Oleh karenanya, ibu menyusui harus menjaga pola makan dan mengkonsumsi makanan yang bernutrisi agar ASI yang dihasilkan juga memberikan dampak baik bagi si bayi, salah satu dengan meminum air nira.

Air nira adalah air bening dengan rasa manis yang berasal dari pohon aren. Air ini memiliki banyak manfaat kesehatan, karena mengandung banyak nutrisi. Air nira yang baru disadap sangat baik bagi ibu menyusui. Berikut manfaat mengkonsumsi air nira bagi ibu menyusui, dikutip dari berbagai sumber:

1. Merangsang produksi ASI

Terkadang bagi sebagian ibu, pasca melahirkan akan sulit untuk mengeluarkan ASI. Oleh karena itu disarankan untuk rutin meminum air nira karena bisa merangsang keluarnya ASI.

2. Memperbanyak jumlah ASI

Bayi haruslah mendapatkan ASI eksklusif yang cukup, namun terkadang ada beberapa ibu yang juga memproduksi ASI sangat sedikit sehingga si bayi diberi susu formula. Oleh karena itu, selain merangsang keluarnya ASI, air nira bisa menjadi salah satu cara untuk memperbanyak jumlah ASI.

3. Meningkatkan energi ibu menyusui

Pasca melahirkan, seorang ibu harus memiliki tenaga ekstra untuk menyusui bayinya karena bayi bisa saja sangat rewel tengah malam. Selain memiliki manfaat bagi produksi ASI, air nira juga dipercaya dapat meningkatkan stamina ibu menyusui.

4. Menghangatkan tubuh

Air nira juga memiliki kandungan yang bisa menghangatkan tubuh, sehingga akan merilekskan ibu yang sedang menyusui.

5. Mengurangi gejala pusing

Menjadi ibu yang baru saja melahirkan sangatlah berat, sehingga akan sering merasa letih dan sakit kepala. Air nira dipercaya bisa mengurangi sakit kepala bagi ibu menyusui.