December 10, 2022

JAKARTA – Rendahnya sistem imun pada bayi di 1.000 hari pertama kehidupan membuatnya mudah terserang berbagai macam penyakit dari batuk pilek hingga infeksi saluran kemih. Penyakit ini umumnya disebabkan karena virus dan beragam bakteri.

Kondisi ini pun diperparah dengan pola hidup yang tidak sehat. Oleh karena itu, dokter spesialis anak Rumah Sakit Brawijaya, dr. Natia Anjasari menyarankan para ibu lebih memperhatikan kesehatan si kecil dengan cara menjaga kehigienitas seperti mencuci tangan sebelum dan sesudah menggendong si kecil.

“Begitu selesai main, anak harus ganti baju dan cuci tangan agar tidak infeksi. Bagusnya juga kontrol ke dokter anak sebulan sekali di kehidupan pertama anak,” tutur dr. Natia saat acara #1000HariPerlindungan Sleek Baby di Djakarta Theater XXI, Jakarta, Senin (23/7/2018).

Lalu gangguan kesehatan apa saja yang sering dialami bayi? Berikut ulasannya.

1. Batuk pilek
“Batuk pilek biasanya terjadi karena virus di udara yang tercemar kayak anak lagi main di play ground. Sedangkan kita nggak bisa larang main di play ground karena itu untuk eksplorasinya baik. Karena itu abis main harus cuci tangan, cuci kaki, ganti baju baru pulang. Orangtua juga harus selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah memegang bayi,” sarannya.

2. Diare
“Karena kalau bayi kena diare, risiko dehidrasinya tinggi. Diare erat kaitannya dengan kebersihan. Jadi orangtua harus jaga higienitas seperti mencuci tangan sebelum dan sesudah memegang bayi. Jangan lupa juga mencuci peralatan makan serta mainan anak,” kata dia.

3. Dermatitis atopik
“Dermatitis atopik disebabkan oleh alergi seperti alergi pada susu, es krim atau keju. Bisa juga alergi akibat paparan produk bayi pada kulit,” ujar dia.

4. Ruam popok
“Ruam popok biasanya terjadi saat terpapar kotoran dalam popok terlalu lama. Makannya saya sarankan pada pasien saya agar di bulan pertama, mengganti popok setiap satu hingga dua jam. Di usia selanjutnya, ganti popok setiap tiga hingga empat jam sekali,” paparnya.

5. Infeksi saluran kemih
“Terlalu lama menggunakan popok membuat kotoran dapat masuk ke saluran kemih, lalu ke kandung kemih hingga ke ginjal. Infeksi saluran kemih berkepanjangan dan berulang-ulang menyebabkan gagal ginjal di kemudian hari,” ucap dia.

2 thoughts on “5 Penyakit yang Mudah Menyerang Bayi di 1.000 Hari Pertama

  1. 149094 265386The subsequent time I read a weblog, I hope that it doesnt disappoint me as a whole lot as this one. I mean, I know it was my option to read, but I truly thought youd have something attention-grabbing to say. All I hear is really a bunch of whining about something that you possibly can repair really should you werent too busy on the lookout for attention. 690431

Leave a Reply

Your email address will not be published.