Home Tech 5 Power Supply Terbaik untuk PC Gaming
5 Power Supply Terbaik untuk PC Gaming

5 Power Supply Terbaik untuk PC Gaming

0
0

Jakarta – Untuk mendukung aktivitas gaming para gamers memerlukan motherboard, CPU, RAM, grafis, drive, lampu RGB dengan kekuatan mantap. Selain itu perangkat juga memerlukan power supply unit (PSU) yang merupakan jantung dari sebuah PC.

 

Power supply dengan 1200 watt belum tentu kualitasnya lebih tinggi dari 650 watt, dan jelas bukan pilihan yang tepat untuk sistem manajemen daya. Karena, peringkat watt pada PSU bukan menggambarkan berapa banyak daya yang dapat disuplai, tapi ada banyak peringatan.

Berikut PSU terbaik untuk mendukung aktivitas gaming PC menurut laman IGN.com:

1. Corsair RM 750x

 

Dengan harga lebih dari US$ 100 atau setara dengan Rp 1,5 juta, gamers bisa mendapatkan power supply yang efisien dan dapat diandalkan serta akan menghasilkan lebih dari cukup untuk PC gaming modern, bahkan dengan komponen high-end dan sedikit overclocking.

Corsair RM 750x merupakan power supply buatan Jepang yang memiliki kapasitor hingga 105 derajat celcius. Perangkat tersebut mendapatkan seritifikasi 80 Plus Gold yang berarti memiliki tingkat efisien yang baik, bahkan memiliki mode kipas RPM nol untuk berjalan dan tidak memiliki beban yang berat.

Seri dengan harga yang bersahabat itu ditambahkan dengan antarmuka digital untuk memonitor perangkat lunak dan bantalan dinamis cairan mewah.

2. EVGA 500 B1

 

Jika gamers tidak memiliki anggaran besar untuk power supply, dan hanya menggunakan prosesor mid-range, maka tidak perlu power supply dengan watt tinggi. Dengan power supply EVGA 500 B1, gamers hanya perlu mengeluarkan biaya US$ 35, setara Rp 518 ribu.

EVGA 500 B1 bersertifikat 80 Plus Bronze, berarti power supply yang bisa digunakan untuk PC berharga US$ 800 atau Rp 11,840 jutaan. Power supply tersebut cukup andal ketika dipasangkan dengan PC gaming sederhana.

3. Rosewill Hive-750

 

Rosewill Hive-750 dihargai US$ 70 atau setara dengan Rp 1 jutaan. Namun, power suplly tersebut cocok bagi gamers yang sedang membangun sistem daya tinggi sambil menghemat.

Sama seperti EVGA 500 B1, Rosewill Hive-750 bersertifikasi 80 Plus Bronze. Namun, tidak memiliki kinerja seperti Corsair RM 750x. Perangkat hanya beroperasi hingga 54A pada rel + 12V, yang cukup untuk CPU high-end dan bahkan dua chip grafis yang bagus.

 

4. EVGA SuperNOVA 850 G3

Merek EVGA baru saja membunuh kompetitornya dalam bisnis daya akhir-akhir ini, dan seri EVGA SuperNOVA 850 G3 merupakan salah satu andalannya. Bersertifikat 80 Plus Gold, power supply tersebut memiliki uni 850 watt dan menawarkan 10 tahun garansi untuk pembeliannya.

Para reviewer banyak yang tertarik dengan perangkat tersebut, bahkan memuji kinerja power supply EV3 G3 baru. Bebannya rendah ke menengah hampir tidak ada suara, dan dengan kualitas dan efisiensi gamers mungkin tidak akan pernah benar-benar merasakan beban penuh yang berkelanjutan.

5. EVGA SuperNOVA 1200 P2 80+ PLATINUM

Kemungkinan beberapa gamers tidak membutuhkan daya yang menghasilkan lebih dari satu kilowatt daya. Hanya para gamers yang memiliki CPU high-end yang overclock dengan beberapa chip grafis dan kapsitas RAM yang besar. Untuk para gamers yang memiliki perangkat dengan kriteria tersebut maka disarankan untuk menggunakan EVGA SuperNOVA 1200 P2 80+ PLATINUM.

Power supply tersebut bukan model terbesar dari yang tersedia. EVGA menjual power supply 1600W di jalur yang sama, dengan harga US$ 450 atau setara dengan Rp 6,660 juta.

tags:

LEAVE YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[xcarousel condition="" order="DESC" featured="0" cats="movies" autoplay="" count="5"]