December 6, 2022

TEMPO.COJakarta – Tebu adalah tanaman rumput yang ditemukan dalam 36 varietas, tidak mengandung lemak, dan merupakan minuman alami seratus persen sehingga air tebu tidak hanya nikmat tetapi juga bergizi.

Mengutip dari Pharmeasy, kira-kira dalam 240 mililiter air tebu mengandung 250 kalori dengan 30 gram gula alami. Meskipun kandungan lemak, kolesterol, serat, dan protein nol, air tebu mengandung natrium, kalium, kalsium, magnesium, dan zat besi yang baik untuk kesehatan.

Dilansir dari Healthifyme, berikut sederet manfaat air tebu bagi kesehatan:

1. Memberi energi

Ada alasan air tebu dijual di sebagian besar kios pinggir jalan di musim panas. Ini adalah cara terbaik untuk memberi energi pada diri sendiri dan memastikan tidak mengalami dehidrasi. Gula sederhana dalam air tebu mudah diserap tubuh dan digunakan untuk mengisi kembali kadar gula.

2. Meningkatkan fungsi hati

Jus tebu dikatakan sebagai salah satu pengobatan alami terbaik untuk penyakit terkait hati, seperti penyakit kuning. Air tebu bersifat basa sehingga dapat membantu dalam menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh.

3. Membantu tubuh melawan kanker

Konsentrasi kalsium, magnesium, potasium, besi, dan mangan yang tinggi membuat sari tebu bersifat basa. Kehadiran flavonoid membantu tubuh mencegah sel kanker, terutama kanker prostat dan payudara.

4. Memperlancar sistem pencernaan

Kalium dalam jus tebu menyeimbangkan tingkat pH di perut, memfasilitasi sekresi cairan pencernaan, dan menjaga sistem tetap pada jalurnya. Ini juga membantu mencegah infeksi lambung.

5. Bermanfaat bagi penderita diabetes

Dalam jumlah sedang, jus tebu dapat bermanfaat bagi penderita diabetes. Gula alami memiliki indeks glikemik rendah yang mencegah lonjakan kadar glukosa darah yang sering terjadi.

6. Menjaga kesehatan ginjal

Menjadi makanan rendah kolesterol alami, rendah sodium, tanpa lemak jenuh, jus tebu membantu menjaga ginjal dalam kondisi prima.

7. Membantu perkembangan tulang dan gigi

Dahulu kala, mengunyah batang tebu merupakan hiburan rutin bagi anak-anak dan remaja. Selain membuat mereka sibuk, manfaat jus tebu yang kaya kalsium juga memastikan perkembangan yang tepat dari sistem kerangka, tulang, dan gigi.

8. Mencegah bau mulut dan kerusakan gigi

Tebu kaya akan mineral, termasuk kalsium dan fosfor, dan juga membantu membangun enamel gigi serta memperkuat gig. Selain itu mengatasi bau mulut yang disebabkan karena kekurangan nutrisi ini.

9. Dapat membantu menyembuhkan jerawat

Penggunaan sari tebu secara topikal memiliki kemampuan untuk membantu mengurangi dan menyembuhkan masalah kulit seperti jerawat. Karena air tebu mengandung asam alfa-hidroksi (AHA) seperti asam glikolat yang meningkatkan pergantian sel.