Waspadai Dehidrasi dan Heatstroke di Cuaca Panas

Bola Rakyat – Sejumlah wilayah di Indonesia, terutama Jawa, tengah dilanda cuaca panas terik atau panas ekstrem. Pada siang hari, suhu udara bisa mencapai suhu 36-38 derajat Celsius.

Laporan “Suhu Maksimum Harian di Indonesia” yang diunggah di akun Instagram resmi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BKMG) @infobmkg periode 15-16 Oktober 2023, Senin (16/10/2023), menunjukkan Majalengka, Jawa Barat, sebagai kawasan terpanas dengan suhu maksimum 37,7 derajat Celcius.

Read More

Kemudian, diikuti Kota Palu, Sulawesi Tengah, dan kawasan Jawa Tengah dengan suhu maksimum 37,4 derajat Celcius. Selanjutnya, wilayah Kalimantan Selatan dengan suhu maksimum harian mencapai 37,3 derajat Celcius.

Kondisi cuaca ekstrem tersebut bisa menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi yang mengakibatkan mulut dan tenggorokan terasa kering, rasa haus ekstrem, dan kelelahan.

Dikutip dari Mayo Clinic, dehidrasi merupakan kondisi ketika tubuh kehilangan lebih banyak cairan daripada yang dikonsumsi. Alhasil, tubuh tidak bisa menjalankan fungsinya secara normal.

Related posts