Kisah Ivan Gunawan Sukses Pangkas BB 90 Kg, Begini Perjalanan Dietnya

Artis dan desainer Ivan Gunawan bikin pangling masyarakat setelah berhasil memangkas berat badannya hingga sebanyak 90 kilogram. Perjalanan dietnya itu telah ia lalui beberapa tahun dengan mengubah pola hidup menjadi lebih sehat.
Pria yang akrab disapa Igun tersebut menuturkan bahwa ia mengatur jenis makanan yang ia konsumsi. Selama diet, ia mengurangi asupan karbohidrat dan makanan yang menggunakan tepung.

Tidak hanya itu saja, untuk memastikan program diet yang dilakukannya berjalan baik dan sehat, Ivan juga dibantu oleh seorang dokter gizi.

“Semuanya menjadi sangat mungkin terjadi saat kamu memilih orang yang tepat untuk menangani masalahmu. Aku beruntung bertemu dokter gizi @cissienugraha yang selalu mendukung aku dan percaya dengan kemampuanku,” tulis Ivan dalam akun Instagram pribadinya, seperti dilihat detikcom Selasa (17/10/2023).

“Aku turun BB sangat banyak dan sekarang gaya hidup aku menjadi sangat-sangat jauh lebih baik,” curhat Ivan.

Ketika ditemui detikcom, Ivan mengatakan bahwa ia tidak ingin diet sembarangan. Selain melakukan treatment untuk kesehatannya, pola makan sang desainer juga diatur oleh dokter gizi.

“Jadi aku kalau diet itu nggak mau sembarangan, jadi aku hanya percaya sama dokter Cissi. Selain melakukan treatment juga mengatur pola makan yang diatur sama dokter,” ujar Ivan Gunawan ketika ditemui di Jakarta Selatan, Rabu (19/10/2023).

“Dan sebenarnya pola makannya itu juga enak. Bukan yang makanan nggak ada rasanya ya. Tapi makanan yang enak. Mau makan apa aja boleh, asal nggak kena karbo,” sambungnya.

Berawal dari Tantangan
Perjalanan diet Ivan Gunawan berawal pada 2021. Pada saat itu ia mendapatkan tantangan dari Deddy Corbuzier untuk bisa menurunkan berat badannya sebanyak 20 kg. Jika berhasil melakukannya dalam waktu tiga bulan, ia akan mendapatkan imbalan Rp 500 juta.

“Gue tuh terharu banget berkat challenge dari Mas Deddy. Terus terang sih gue terharu sama usaha dia menyayangi gue, kasih gue perhatian, kasih gue semangat,” kata Ivan Gunawan, dikutip dari kanal YouTube-nya, Rabu (21/7/2021).

Bukan perihal uang, Ivan ingin membuktikan bahwa ia juga bisa menjalani hidup yang lebih sehat. Semenjak saat itu, ia mulai mengubah gaya hidupnya dan berhasil menyelesaikan tantangan tersebut. Uang hadiah pun akhirnya ia gunakan untuk membangun sebuah masjid di Garut.

Batasi Makan Tinggi Karbohidrat
Lebih lanjut soal perjalanan dietnya, Ivan menuturkan bahwa saat ini masih membatasi jumlah konsumsi karbohidrat. Ia juga merasa bahwa berat badannya akan lebih cepat naik apabila terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat.

“Kalau pantangan makanan yang jelas aku masih harus mengurangi karbohidrat. Segala macam bentuk karbo misalnya kayak nasi, kentang, kayak gitu. Makanya sekarang kalau makan itu nggak pernah jajan. Jadi kalau setiap makan pasti ya makan besar. Itu aja sih paling,” cerita Ivan Gunawan.

Ivan mengaku kini sangat bahagia dengan tubuhnya. Dalam waktu satu bulan terakhir, ia mengaku juga berhasil mempertahankan berat badannya agar tidak naik. Menurutnya, pola makan yang benar adalah ‘resep’ utamanya untuk bisa menjaga tubuh.

“Wah enak banget sekarang lah. Sekarang bisa beli baju, bisa beli celana. Nggak engap juga gitu kan. Jadi memang mempertahankan itu lebih susah lebih susah daripada memulai segala sesuatu yang baru sih,” pungkasnya.

Related posts