Sejarah Baru, Ajax Disingkirkan Tim Amatir

Bolarakyat – Ajax Amsterdam mencatatkan sejarah memilukan seusai tersingkir dari babak kedua Piala Belanda, Jumat (22/12/2023) dini hari WIB. Mereka terdepak dari kompetisi tersebut setelah kalah dari tim amatir USV Hercules dengan skor 2-3.

Kekalahan dari tim amatir dalam laga yang berlangsung di Stadion Galgenwaard, Utrecht tersebut menjadi yang pertama bagi Ajax sepanjang sejarah klub. Ajax memiliki catatan menjuarai Piala Belanda sebanyak 20 kali, dengan yang terkini pada edisi 2020/2021 lalu.

Read More

Penyerang USV Hercules Tim Pieters membawa timnya unggul lebih dahulu lewat dua gol yang dibuat pada menit ke-16 dan 66. Ajax baru bisa menyamakan kedudukan lewat aksi Brian Brobbey dan penyerang Chuba Akpom di tujuh menit terakhir laga babak kedua.

Hanya saja, USV Hercules berhasil mencatatkan kemenangan historis melalui gol yang dicetak oleh pemain bertahan Mats Grotenbreg pada menit ketiga tambahan waktu. Hasil pertandingan kali ini diakui sebagai kejutan yang menyakitkan bagi klub legendaris asal Amsterdam tersebut.

KEKECEWAAN AJAX

“Kekalahan ini seharusnya tidak pernah terjadi. Ini sangat mengecewakan. Ada banyak hal yang perlu diperbaiki oleh seluruh pemain dan staf. Kami harus segera melakukannya,” ujar asisten pelatih Michael Valkanis selepas pertandingan kepada laman resmi klub.

Valkanis menilai timnya tampil tanpa ide dan cenderung statis dalam membangun serangan ke gawang lawan. Ia menyebut sudah meminta timnya agar bermain lebih dinamis serta meningkatkan tempo pertandingan setelah tertinggal pada babak pertama.

Meski begitu para pemain Ajax justru banyak melakukan kesalahan sehingga gagal menguasai pertandingan di awal babak kedua. Valkanis mengaku hasil ini menjadi salah satu kekecewaan bagi Ajax dalam musim yang sulit secara keseluruhan.

Kami membuat banyak kesalahan sepanjang pertandingan. Para pemain baru terlihat tampil baik dalam sepuluh menit akhir pertandingan,” ujarnya.

Ajax bermain tanpa didampingi oleh pelatih kepala mereka John van ’t Schip dalam pertandingan kali ini. Ia memilih absen karena harus menghadiri pernikahan salah satu putrinya yang dilaksanakan di Australia.

Related posts