Toko Resmi Barcelona Jual Rumput Camp Nou

Bola Rakyat – Klub raksasa La Liga, Barcelona, dikabarkan tengah mendirikan sebuah toko resmi. Toko itu nantinya digunakan untuk menjual rumput stadion Camp Nou. Renovasi stadion megah ikonik itu mulai dikerjakan sejak dibuka pertama kali pada 1957. Biaya renovasi ini akan memakan biaya hingga 1,25 miliar Euro.

Lebih dari 250 pekerja disiapkan oleh klub untuk mengejar target. Rencananya, stadion tersebut ingin segera dipakai kembali pada musim 2025/2026. Sementara pemasukan rutin masih belum normal sebab pembangunan, kini manajemen coba mengusahakan mencari income sampingan dengan memonetisasi apapun, termasuk rumput stadion.

Read More

Jual Rumput Bersejarah

Memang setiap keping dari Camp Nou adalah bagian besar dari sejarah Barcelona, sampai rumput pun memiliki nilai komersialnya sendiri di mata penggemar. Menurut publikasi media Spanyol Relevo terkait hal-hal menyangkut renovasi Camp Nou, klub kini sedang berusaha menjual tanah berumputnya sebagai kenang-kenangan.

Dilaporkan rumput yang terjual bakal dilengkapi dengan lisensi legal bahwa produk terkait merupakan asli berasal dari Camp Nou. Satu keping rumputnya bakal dijual dengan harga sekitar 20 hingga 50 Euro (Rp340.000-Rp850.000). Sementara di toko online, Barcelona menawarkan ukuran lebih besar, beberapa lagi dihiasi bingkai, harganya bervariasi mulai dari 80 Euro hingga 360 Euro (Rp1.360.000-Rp6.123.000).

Perhiasan Pun Dijual di Toko

Seperti cacing kepanasan, keputusan merenovasi stadion memaksa klub berjuluk La Blaugrana itu mencari kucuran dana demi menutup biaya pembangunan. Beberapa bulan lalu, seperti klaim Mundo Deportivo, Barcelona berencana merilis koleksi perhiasan yang diberi nama Etern Spotify Camp Nou 1957, tahun bersejarah saat stadion didirikan.

Dalam berita tersebut ditulis, klub tengah berencana merakit perhiasan seperti pin, gelang, kalung, hingga anting. Menggunakan permata dipadukan dengan rumput Camp Nou seluas 7000 meter persegi.

Barcelona Bukan yang Pertama

Barcelona sendiri bukan klub Spanyol pertama yang mempraktikkan komersialisasi tanah lapangannya. Tercatat klub asal Basque, Athletic Club, juga pernah menjual tanah stadion San Mames seharga 40 Euro (Rp680.000).

Sabtu mendatang, klub yang pernah dibela Zlatan Ibrahimovic ini akan melakoni laga lanjutan La Liga menghadapi Real Betis di Estadi Olimpic Lluis, stadion sementara Barcelona dengan kapasitas 54.000 penonton.

Related posts