Ribuan Demonstran Pro-Palestina Kepung Konvensi Nasional Partai Demokrat

Ribuan Demonstran Pro-Palestina Kepung Konvensi Nasional Partai Demokrat

Jakarta – Ribuan demonstran pro-Palestina berunjuk rasa di area Chicago pada Mulai Pekan ketika Presiden Joe Biden tiba pada hari membuka Konvensi Nasional Partai Demokrat (DNC). Ini adalah sebagai berunjuk rasa melawan dukungan pemerintaha Biden dalams erangan brutal tanah Israel ke Gaza.

Setelah demonstrasi damai selama berjam-jam, puluhan pengunjuk rasa menerobos sebagian pagar keamanan perimeter, menarik polisi anti huru hara ke lokasi, kata pribadi saksi mata Reuters.

Read More

Tim keamanan DNC tak menanggapi permintaan komentar mengenai apakah para pengunjuk rasa ditangkap.

“Personel penegak hukum ketika ini berada di tempat lokasi serta informasi lebih banyak lanjut akan diberikan jikalau tersedia,” kata juru bicara kota Chicago.

Seruan semakin meningkat ketika para pengunjuk rasa mencapai taman lingkungan di tempat West Side Chicago dan juga berhenti sejenak untuk menguatkan desakan gencatan senjata di tempat Gaza. Di berada dalam keributan, massa mengalihkan rasa frustrasinya untuk Wakil Presiden Kamala Harris, menyampaikan kandidat Partai Demokrat sebagai “Kamala Pembunuh”.

Polisi Chicago membentuk perimeter pada sekitar taman dengan berjalan kaki untuk menahan pengunjuk rasa, lalu beberapa personel polisi bersepeda.

Namun, kelompok induk “March on the DNC” menarik lebih banyak sedikit pendukung dari yang mana diperkirakan ke taman di tempat luar arena konvensi, beberapa jam sebelum Biden berpidato di tempat rapat tersebut. Mereka memulai pawai sejauh satu mil di area dekat tempat delegasi Partai Demokrat akan mencalonkan Harris sebagai kandidat mereka itu untuk menghadapi Donald Trump dari Partai Republik di pemilihan presiden bulan November.

Penyelenggara memperkirakan akan ada puluhan ribu pengunjuk rasa – cukup untuk memenuhi taman serta rute pawai – kata Hatem Abudayyeh, juru bicara March di area DNC, Awal Minggu pagi. Namun pada sore harinya, beberapa ribu pengunjuk rasa telah dilakukan berkumpul untuk berpidato serta taman semata-mata terisi setengahnya.

Koalisi yang digunakan beranggotakan tambahan dari 200 kelompok ini mencakup kelompok yang digunakan mengadvokasi berbagai isu mulai dari hak reproduksi hingga keadilan rasial. Banyak orang datang dari komunitas Palestina juga Arab dalam Illinois lalu negara-negara tetangga, kata pelopor pekan lalu.

Roman Fritz, salah satu delegasi termuda di tempat Wisconsin yang digunakan berusia 19 tahun, mengenakan syal dengan motif keffiyeh tradisional Palestina. Dia berencana untuk berpartisipasi pada pawai yang dimaksud tetapi tidaklah memiliki rencana untuk mengganggu acara resmi nanti, dan juga menyatakan beliau membantu Harris sebagai calon dari partai yang dimaksud untuk mengalahkan Trump.

Lusinan delegasi Muslim dan juga sekutu mereka, yang dimaksud marah berhadapan dengan dukungan Negeri Paman Sam terhadap serangan negeri Israel di dalam Gaza, mengupayakan inovasi di platform digital Partai Demokrat juga berencana untuk melakukan embargo senjata, sehingga menimbulkan partai yang dimaksud waspada terhadap gangguan terhadap pidato-pidato penting dalam konvensi tersebut.

Beberapa pengunjuk rasa ragu partai yang disebutkan akan mengubah platformnya.

“Itu tiada akan pernah terjadi,” kata Mwalimu Sundiata Keita, yang digunakan melakukan perjalanan dari Cincinnati, Ohio, untuk bergabung di mengecam tersebut. “Adalah kebijakan partai untuk mengupayakan Israel, lalu sampai kebijakan itu berubah, itulah yang dimaksud akan terjadi.”

Senan Shaqdeh, 54 tahun, anggota komite eksekutif Jaringan Organisasi Palestina Amerika, menyatakan bus tambahan dari Florida diperkirakan akan mengantarkan lebih tinggi sejumlah pengunjuk rasa ke lokasi unjuk rasa sepanjang hari.

“Partai Demokrat seharusnya tak mengharapkan keadaan berjalan seperti biasa,” kata Shaqdeh.

Protes besar lainnya dijadwalkan pada Kamis, ketika Harris secara resmi menerima pencalonan tersebut.

Kelompok pro-Palestina selama berbulan-bulan memprotes dukungan militer juga keuangan pemerintahan Biden untuk negeri Israel selama serangan brutal ke Gaza, yang digunakan telah dilakukan menewaskan lebih banyak dari 40.100 warga Palestina, menurut pejabat kemampuan fisik Gaza.

Israel melancarkan serangan pasca diserang pada 7 Oktober oleh organisasi Hamas yang menewaskan 1.139 orang, menurut penghitungan Israel. Protes membengkak di area kampus-kampus Amerika Serikat pada musim semi, dengan polisi membersihkan perkemahan mahasiswa, beberapa pada waktu setelahnya konfrontasi antara pengunjuk rasa juga pengunjuk rasa tandingan.

“Demokratlah yang tersebut berkuasa,” kata Abudayyeh, Senin. “Ini konflik mereka. Mereka bertanggung jawab, terlibat, dan juga dapat menghentikannya.

REUTERS

Related posts