Rusia Siaga, negara Ukraina Kirim Belasan Drone Serang Ibu Kota Rusia Besar-besaran

Rusia Siaga, negara negeri Ukraina Kirim Belasan Drone Serang Ibu Daerah Perkotaan Rusia Besar-besaran

Jakarta – tanah Ukraina menyerang Ibu Kota Rusia pada Rabu, 21 Agustus 2024 dengan mengirimkan sekitar 11 pesawat nirawak atau drone ke Rusia. Menurut pejabat Rusia, drone itu berhasil ditembak jatuh oleh pertahanan udara.

Serangan itu merupakan salah satu serangan pesawat nirawak terbesar di area Wilayah Moskow sejak peperangan dalam negara Ukraina dimulai pada bulan Februari 2022. Perang Rusia tanah Ukraina meningkat pada 6 Agustus lalu. Saat itu negara Ukraina mengirim ribuan tentara ke wilayah Kursk di dalam Rusia bagian barat.

Read More

Selama berbulan-bulan, negara Ukraina juga sudah pernah berperang dengan pesawat nirawak yang semakin merusak kilang minyak lalu lapangan udara eksportir minyak terbesar kedua pada dunia. Serangan drone pada wilayah Wilayah Moskow yang digunakan berpenduduk lebih banyak dari 21 jt sebenarnya jarang terjadi.

Kementerian pertahanan Rusia menyatakan sudah pernah menghancurkan 45 pesawat nirawak dalam wilayah Rusia, termasuk 11 pada wilayah Moskow, 23 dalam wilayah perbatasan Bryansk, enam dalam wilayah Belgorod, tiga di dalam wilayah Kaluga, juga dua di dalam wilayah Kursk.

Beberapa pesawat drone itu dihancurkan di tempat menghadapi kota Podolsk, kata Wali Perkotaan Wilayah Moskow Sergei Sobyanin. Perkotaan di tempat wilayah Ibu Kota Rusia itu berjarak sekitar 38 kilometer (24 mil) di tempat selatan Kremlin. 

“Ini adalah salah satu upaya terbesar untuk menyerang Kota Moskow menggunakan pesawat nirawak yang pernah ada,” kata Sobyanin di tempat perangkat lunak perpesanan Telegram pada dini hari Rabu. “Pertahanan berlapis Wilayah Moskow yang mana dibuat memungkinkan untuk berhasil menangkis semua serangan dari UAV musuh.”

Serangan terjadi ketika Rusia maju dalam negeri Ukraina timur. Di wilayah itu, Rusia menguasai sekitar 18 persen wilayah.

Media Rusia menunjukkan rekaman yang tersebut belum diverifikasi dari pesawat nirawak yang mana terbang dalam melawan langit fajar wilayah Moskow. Drone itu kemudian ditembak jatuh pada bola api oleh pertahanan udara.

Bandara Ibu Kota Rusia Vnukovo, Domodedovo, lalu Zhukovsky membatasi penerbangan selama empat jam. Bandara mulai kembali operasi normal mulai pukul 03.30 GMT, kata pengawas penerbangan Rusia.

Sobyanin menyatakan bahwa menurut informasi awal, bukan ada korban luka atau kerusakan yang dilaporkan pasca serangan tersebut. Tidak ada pula korban jiwa atau kerusakan yang tersebut dilaporkan setelahnya serangan pada Bryansk di area barat daya Rusia, ujar gubernur wilayah yang disebutkan Alexander Bogomaz di area Telegram.

Kantor berita negara Rusia RIA melaporkan bahwa dua pesawat nirawak dihancurkan di area wilayah Tula, yang digunakan berbatasan dengan wilayah Ibu Kota Rusia pada sebelah utara. Vasily Golubev, gubernur wilayah Rostov dalam barat daya Rusia, menyatakan pasukan pertahanan udara menghancurkan rudal yang dimaksud diperkenalkan negara Ukraina pada wilayah tersebut. Tak ada korban jiwa akibat kejadian tersebut. 

Serangan pesawat nirawak dalam Kota Moskow setara dengan serangan Mei 2023 ketika sedikitnya delapan pesawat nirawak dihancurkan di dalam melawan ibu kota. Menurut Presiden Vladimir Putin, serangan drone itu adalah upaya Kyiv untuk menakut-nakuti juga memprovokasi Rusia.

REUTERS | AL ARABIYA 

Pilihan editor: Thailand Mendeteksi Satu Kasus Cacar Monyet

Related posts