5 Fakta Terkini Menjelang Laga Timnas Indonesia vs Australia di dalam Kualifikasi Piala Global 2026

5 Fakta Terkini Menjelang Laga Timnas Indonesia vs Australia di area pada Kualifikasi Piala Global 2026

Jakarta – Timnas Indonesia akan menjamu Australia di lanjutan putaran ketiga kualifikasi Piala Planet 2026 zona Asia. Duel kedua pasukan dijadwalkan berlangsung di tempat Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Ibukota Indonesia Pusat, Selasa, 10 September 2024, mulai pukul 19.00 WIB.

Skuad Garuda sebelumnya mampu menahan imbang Arab Saudi 1-1 di dalam King Abdullah Sports City Stadium, Jeddah, pada hari terakhir pekan dinihari WIB, 6 September 2024. Hasil itu memproduksi anak asuh Shin Tae-yong menempati peringkat keempat klasemen sementara grup C dengan koleksi satu poin.

Read More

Menjelang duel Timnas Indonesia vs Australia, terdapat berbagai fakta menarik terkait pertandingan. Tempo merangkum lima fakta menarik laga putaran ketiga kualifikasi Piala Global 2026 zona Asia tersebut.

1. Australia Mendominasi Rekor Pertemuan

Timnas Indonesia juga Australia tercatat sudah ada 19 kali bertemu di area berbagai turnamen sebelumnya. Socceroos mendominasi dengan total 15 kemenangan. Sementara Skuad Garuda cuma mampu meraih satu kemenangan lalu sisanya berakhir imbang.

Satu-satunya kemenangan Timnas Indonesia melawan Australia terjadi di turnamen kualifikasi Piala Planet 1982. Kala itu, laga yang mana berlangsung dalam Stadion Utama Gelora Bung Karno pada 30 Agustus 1981 berakhir dengan skor satu-nol lewat gol tunggal yang tersebut dicetak Risdianto pada menit ke-88.

2. Peringkat FIFA Beda Jauh

Di melawan kertas, Australia unggul segalanya dari Timnas Indonesia. Tak semata-mata rekor pertemuan, mereka itu juga memilkiki peringkat FIFA yang digunakan terpencil lebih besar tinggi ketimbang Pasukan Merah Putih.

Tim asuhan Graham Arnold ketika ini menempati peringkat ke-24 dunia atau keempat di tempat konfederasi AFC. Sementara Tim Merah Putih berada di area kedudukan ke-133 dunia atau ke-23 pada konfederasi AFC.

3. Sinyal Tangguh Justin Hubner Menjadi Starter

Justin Hubner yang mana sebelumnya absen di laga kontra Arab Saudi hampir pasti akan segera turun sebagai starter pada duel melawan Australia. Sinyal yang disebutkan diperkuat dengan kehadirannya di pembukaan jumpa pers mendekati pertandingan di area Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, DKI Jakarta Pusat, Senin, 9 September 2024.

Walau begitu, Shin Tae-yong sebelumnya mengungkapkan masih perlu memantau kondisi Hubner terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk dengan segera memainkannya atau tidak. “Untuk Justin Hubner, ketika ini kami masih memantau kondisinya, baru kemudian diputuskan apakah bisa saja bermain atau tidak,” ujar beliau pada sesi latihan pada Stadion Madya, Gelora Bung Karno, Senayan, Ibukota Indonesia Pusat, Minggu, 8 September dikutipkan dari Antara.

4. Pemain Kunci Pokok Australia Absen

Australia datang ke Ibukota dengan kekuatan yang mana sedikit pincang. Penyerang inti mereka, Kusini Yengi dipastikan absen usai menerima kartu merah pada pertandingan sebelumnya melawan Bahrain.

Yengi merupakan penyerang jika klub EFL Championship Inggris, Portsmouth. Ia sudah ada mencatatkan 12 caps bersatu Australia dengan koleksi empat gol.

5. Timnas Indonesia pada Kekuatan Penuh

Timnas Indonesia dipastikan menghadapi Australia dengan kekuatan penuh. Sebanyak 26 pemain yang dipanggil sebelumnya di kondisi fit untuk diturunkan.

Shin Tae-yong menjamin anak asuhnya akan berjuang meraih hasil terbaik melawan Australia. “Para pemain tak akan menyerah, bagaimana pun caranya, mereka akan menjadikan laga kandang ini sebagai pertandingan baik melawan Australia,” ujar beliau di sesi jumpa pers dalam Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, DKI Jakarta Pusat, Senin, 9 September 2024.

Related posts