Timnas Indonesia vs Australia: Shin Tae-yong Sadar Skuad Garuda akan Dipaksa Main Bertahan

Timnas Indonesia vs Australia: Shin Tae-yong Sadar Skuad Garuda akan Dipaksa Main Bertahan

Jakarta – Pelatih Shin Tae-yong memberikan prediksi jalannya pertandingan Timnas Indonesia vs Australia pada lanjutan putaran ketiga kualifikasi Piala Planet 2026 zona Asia di dalam Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Ibukota Pusat, Selasa, 10 September 2024. Menurut dia, Skuad Garuda akan dipaksa bermain bertahan walau berupaya menyerang sejak awal.

“Saya tidaklah sanggup bicara taktik, tapi kita mampu lihat dari ranking FIFA, kita mau menyerang pun pasti ujung-ujungnya akan lebih banyak banyak bertahan. Ranking Australia ada di area peringkat 20-an, sementara kita (Indonesia) dalam peringkat 130-an,” ujar beliau pada pembukaan jumpa pers pada Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Ibukota Pusat, Senin, 9 September 2024.

Read More

Pelatih dengan syarat Korea Selatan itu pun memperkirakan Timnas Indonesia belaka mampu menguasai bola sebanyak 40 persen saja. “Mungkin (penguasaan bola) 60 banding 40 persen, tapi saya sebagai ahli Timnas Indonesia, bagaimana pun, akan memikirkan solusi untuk itu.”

Pada pertemuan terakhir kedua kelompok pada Piala Asia 2023 awal tahun ini, Australia tampak begitu superior melawan Timnas Indonesia. Socceroos mampu mencatatkan penguasaan bola 51 persen, berbanding 49 persen milik Timnas Indonesia. Jackson Irvine juga kawan-kawan juga mengurangi total 12 tendangan dengan empat di tempat antaranya berbuah gol ke gawang Pasukan Merah Putih. Sementara Tim Garuda semata-mata mengurangi total lima tendangan.

Kendati demikian, pada rapat kali ini, Shin Tae-yong mengungkapkan sudah ada meracik strategi untuk meredam dominasi Australia. Absennya penyerang Socceroos, Kusini Yengi, oleh sebab itu kartu merah yang mana diterima pada laga sebelumnya, kata pembimbing berusia 54 tahun tersebut, tiada memberi dampak sejumlah pada kekuatan Australia.

“Striker Australia (Kusini Yengi) tiada dapat bermain, tetapi itu tidak ada terlalu menjadi perhatian saya sebab dari dulu Australia telah memiliki skuad yang tersebut baik. Kami akan tetap saja mengantisipasi para pemain lain oleh sebab itu Australia merupakan kelompok yang kuat,” tutur Shin Tae-yong.

Laga Timnas Indonesia vs Australia akan diselenggarakan di dalam Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Ibukota Indonesia Pusat, Selasa, 10 September 2024, mulai pukul 19.00 WIB. Skuad Garuda pada waktu ini menempati peringkat ketiga klasemen sementara grup F dengan koleksi satu poin. Sementara Socceroos menduduki urutan kelima.

Related posts