Shin Tae-yong Berharap Mees Hilgers juga Eliano Reijnders Bisa Bela Timnas Indonesia Mulai November 2024

Shin Tae-yong Berharap Mees Hilgers juga Eliano Reijnders Bisa Bela Timnas Indonesia Mulai November 2024

Jakarta – Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong berharap dua pemain keturunan Indonesia berpaspor Belanda Mees Hilgers juga Eliano Reijnders dapat bergabung dengan skuadnya mulai 2024. Keduanya berada dalam menjalani proses naturalisasi agar bisa jadi bermain untuk Skuad Garuda.

“Saya berharap mereka sanggup bermain pada November. Kalau Oktober kelihatannya sulit,” ujar Shin Tae-yong di tempat Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu, 8 September 2024.

Read More

Timnas Indonesia akan menjalani dua pertandingan kandang di area Grup C putaran ketiga kualifikasi Piala Bumi 2026 zona Asia menghadapi Jepun (14 November) dan juga Arab Saudi (19 November). 

Kedua pemain itu telah bersua dengan Ketua Umum PSSI Erick Thohir di tempat DKI Jakarta pada Jumat, 6 September. Mereka juga sempat mengikuti latihan sama-sama skuad timnas Indonesia keesokan harinya.

Eliano Reijnders adalah pemain klub Kejuaraan Belanda Eredivisie PEC Zwolle berposisi bek kanan atau kiri. Pada musim ini, pesepak bola berusia 23 tahun itu selalu bermain di area empat laga Zwolle dengan tiga di area antaranya bermain penuh. 

Eliano merupakan adik kandung dari gelandang klub AC Milan serta timnas Belanda Tijjani Reinders. Mereka merupakan keturunan Indonesia lantaran ibunya berasal dari Ambon.

Mees Hilgers, juga berumur 23 tahun, adalah bek sedang klub Eredivisie Twente FC. Mees terus-menerus bermain penuh pada dua laga terakhir Twente di dalam liga musim ini. 

Dia juga merumput pada dua laga putaran ketiga kualifikasi Kejuaraan Champions UEFA 2024-2025 menghadapi RB Salzburg. Sama seperti Eliano, Mees Hilgers pun mempunyai ibu dari Indonesia, tepatnya dari Sulawesi Utara.

Terkait dengan proses naturalisasi keduanya, PSSI juga pemerintah belum memberikan keterangan resmi sampai dalam mana tahapan prosesnya. Mees lalu Eliano harus mengikuti beberapa tahap sebelum menjadi Warga Negara Indonesia (WNI), dimulai dari pemberian rekomendasi dari PSSI ke Kementerian Pemuda kemudian Olahraga (Kemenpora). Selanjutnya, sejumlah pihak akan dilibatkan, seperti Kementerian Hukum lalu HAM, DPR RI dan, terakhir, Presiden Republik Indonesia.

Terkait hal itu, manajer Timnas Indonesia yang tersebut juga Ketua Badan Tim Nasional (BTN) Sumardji memohonkan publik untuk menanti perkembangan. “Nanti pasti dikabarkan jikalau ada perkembangan,” ujarnya.

Keduanya bukan akan menonton secara langsung laga Indonesia menjamu Australia dalam pertandingan Grup C putaran ketiga kualifikasi Piala Planet 2026 zona Asia timnas di tempat Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa nanti. Sumardji menjamin dia telah lama kembali ke Belanda. “Eliano kembali tadi pagi, Mees kemarin.”

Related posts