Bagaimana Kesempatan Timnas Indonesia Melewati ke Piala Global 2026 setelahnya Kalah dari Cina?

Bagaimana Kesempatan Timnas Indonesia Melewati ke Piala Global 2026 setelahnya Kalah dari Cina?

Jakarta Timnas Indonesia kalah dari Cina pada pertandingan Kualifikasi Piala Bumi 2026 pada Stadion Sepak Bola Pemuda Qingdao, Selasa, 15 Oktober 2024. Laga keempat putaran ketiga Grup C ini berakhir dengan skor 1-2. Lantas, bagaimana prospek timnas Indonesia lolos ke putaran final Piala Bumi 2026 setelahnya kalah dari Cina?

Pertandingan melawan Cina adalah kekalahan perdana bagi Indonesia pasca pada tiga laga sebelumnya menahan seri Arab Saudi, Australia, juga Bahrain. Sebaliknya, laga itu jadi tiga poin pertama bagi skuat Negeri Tirai Bambu pasca terus-menerus kalah.

Read More

Hasil pertandingan ini sebenarnya tak mengubah tempat kedua kelompok pada klasemen Grup C. Indonesia tetap saja sikap kelima dengan 3 poin, unggul selisih gol dari Cina di area dasar klasemen dengan koleksi poin sama.

Pemuncak klasemen Grup C pada waktu ini masih dipegang Jepun dengan poin 10 pasca bermain seri dengan Australia. Adapun Australia menduduki peringkat kedua dengan poin 5. Disusul Arab Saudi dan juga Bahrain dalam kedudukan ketiga juga keempat dengan poin masing-masing 4. 

Syarat lolos dengan segera ke putaran final Piala Planet 2026 adalah pemuncak serta runner-up klasemen. Namun, jikalau gagal, potensi masih terbuka dengan menduduki peringkat ketiga atau keempat untuk berlaga dalam putaran keempat. Tim dalam peringkat ketiga kemudian keempat akan dibagi lagi ke pada grup baru untuk bersaing untuk tiket ke putaran final.

Dengan menyisakan enam laga, kesempatan timnas Indonesia lolos di dalam putaran final masih terbuka lebar. Laga kelima kemudian keenam putaran ketiga akan dimainkan pada November bulan depan. Indonesia akan melakoni dua laga kandang melawan Jepun pada 15 November kemudian Arab Saudi pada 19 November.

Namun Indonesia tampaknya harus berjuang keras untuk mengamankan tempat keempat sebagai prospek terakhir ke putaran final Piala Global 2026. Tantangan terbesar skuat Garuda adalah pasukan Samurai Biru, julukan Timnas Jepang, yang mana sejauh ini tampil dominan juga tak terkalahkan. Pun Arab Saudi juga tak mampu dipandang sebelah mata.

Saat ini Indonesia baru mengamankan 3 poin. Target aman lolos secara langsung ke Piala Bumi 2026 adalah 12 poin. Artinya, Indonesia masih kekurangan 9 poin. Indonesia paling tak harus menang dua kali untuk mengamankan enam poin kemudian tiga poin dari hasil pertandingan seri. Sehingga total poin akan menjadi 12.

Target paling realistis ketika ini adalah merebut tempat ketiga kemudian keempat, kendati prospek runner-up juga tak mustahil digapai. Syarat timnas Indonesia melenggang ke putaran keempat adalah minimal mendapat poin 11 dengan dua kemenangan juga dua imbang pada sisa 6 laga terakhir. Upaya ini sanggup jadi lebih lanjut mudah apabila Australia kemudian Arab Saudi terpeleset.

NURDIN SALEH | ANTARA

Disinggung tentang Banyak Pemain Timnas Indonesia dari Klub Eropa tapi Kalah Lawan Cina, Hal ini Respons STY

Related posts