Bahrain Minta Laga Melawan Timnas Indonesia Digelar di tempat Tempat Netral, Begini Tindak balas PSSI

Bahrain Minta Laga Melawan Timnas Indonesia Digelar di tempat tempat Tempat Netral, Begini Tindak balas PSSI

Jakarta – PSSI menanggapi pernyataan Federasi Sepak Bola Bahrain (BFA) yang digunakan memohonkan laga leg kedua melawan Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Planet 2024, pada 25 Maret 2025, untuk dilakukan di dalam tempat netral atau tidak di tempat Indonesia akibat alasan keamanan.

Kekhawatiran BFA adalah buntut dari hasil laga leg pertama antara Bahrain melawan timnas Indonesia di tempat Riffa yang tersebut berakhir 2-2 pada Kamis, 10 Oktober 2024.

Read More

Sejumlah langkah wasit Ahmed Al Kah dianggap menguntungkan Bahrain selaku regu tuan rumah. Puncaknya ketika wasit dengan syarat Oman itu melanjutkan durasi injury time dari enam menit menjadi sembilan menit tanpa alasan yang jelas.

Bahrain pun sanggup menyamakan kedudukan pada menit 90+9 sehingga timnas Indonesia gagal menang sebab skor akhir menjadi 2-2.

Keputusan wasit yang disebutkan memancing kemarahan warganet Indonesia yang mana melakukannya dengan menyerang akun media sosial BFA lalu akun para pemainnya.

Serangan-serangan yang dimaksud menghasilkan BFA khawatir sehingga memohonkan terhadap AFC kemudian FIFA agar laga tandang merekan ke Indonesia dipindah ke lokasi netral.

PSSI melalui Anggota Komite Eksekutif (Exco) Arya Sinulingga menyatakan PSSI siap menjamin keamanan timnas Bahrain ketika bertandang ke Indonesia pada Maret tahun depan.

“Kita akan buat surat ke AFC yang digunakan menyatakan supaya pertandingan fair, maka tetap saja di dalam DKI Jakarta akibat sebelumnya kan tandingnya dalam Bahrain. Yang kedua, kita juga akan memberi tahu bahwa kita akan menjamin keamanan lalu kenyamanan bagi tamu kita seperti di dalam Bahrain,” kata Arya, Rabu, 16 Oktober.

Arya juga menyatakan bahwa timnas Bahrain bukan perlu khawatir pada waktu bertandang ke DKI Jakarta nanti akibat sejatinya rakyat Indonesia itu ramah.

“Soal di tempat sosmed ya, namanya, kadang-kadang memang benar netizen-netizen Indonesia itu ramai, tetapi sebenarnya mereka itu ramah itu serta baik-baik,” lanjutnya.

Indonesia juga sudah ada terbukti sukses di menyelenggarakan beberapa kompetisi internasional termasuk Piala Bumi U-17 pada 2023. 
“Apalagi kita sudah ada membuktikan kok pernah menjadi tuan rumah Piala Global U-17 lalu terselenggara dengan baik,” kata dia..

Timnas Indonesia lalu Bahrain akan kembali berjuang pada 25 Maret 2025 di area Stadion Gelora Bung Karno di matchday kedelapan Grup C Putaran ketiga Kualifikasi Piala Bumi 2026 Zona Asia.

Related posts