Komentar Presiden Jokowi mengenai Kekalahan Timnas Indonesia dari Cina: Berhasil Kalah Itu Biasa

Komentar Presiden Jokowi mengenai Kekalahan Timnas Indonesia dari Cina: Berhasil Kalah Itu Biasa

Jakarta – Presiden Joko Widodo meminta-minta Timnas Indonesia tetap saja semangat walaupun kalah dari China pada laga keempat putaran ketiga kualifikasi Piala Global 2026 zona Asia Grup C. Dalam pertandingan di area Qingdao Youth Football Stadium pada Selasa, 15 Oktober 2024, Indonesia kalah 1-2. 

“Yang paling penting tetap memperlihatkan semangat dikarenakan kita masih mempunyai prospek besar untuk masuk ke ronde berikutnya,” kata Jokowi di dalam sela-sela kunjungan kerja di tempat Sumatera Utara pada Rabu, 16 Oktober 2024.

Read More

Menurut dia, kemenangan kemudian kekalahan pada sepak bola adalah hal yang biasa terjadi. “Ya namanya bola itu ada menang, kadang-kadang ada kalah, kadang-kadang drop itu biasa,” ujar mantan Gubernur DKI DKI Jakarta tersebut.

China memberikan kekalahan perdana bagi Timnas Indonesia pada putaran ketiga kualifikasi Piala Global 2026 zona Asia Grup C. Bagi Indonesia, kekalahan ini memutus hasil positif dari tiga kali imbang pada tiga laga pertama melawan Arab Saudi, Australia, serta Bahrain. 

Kekalahan ini juga melanjutkan rekor buruk Merah Putih tak pernah menang melawan China ketika bermain di area Negeri Tirai Bambu. Kendati demikian kekalahan ini tak mengubah sikap kedua regu di klasemen Grup C. Indonesia tetap saja tempat kelima dengan tiga poin, unggul selisih gol dari China di area dasar klasemen dengan koleksi poin sama.

Pada laga lain pada Grup C, Negeri Matahari Terbit yang tersebut bermain imbang 1-1 melawan Australia di tempat Stadion Saitama juga masih menjadi pemimpin klasemen dengan 10 poin. Dengan menyisakan enam laga lagi, kesempatan kedua regu lolos segera ke Piala Global 2026 sebagai juara grup kemudian runner-up mungkin saja menipis. Namun, kesempatan masih terbuka untuk berkompetisi merebut tiket tersisa pada putaran keempat sebagai peringkat tiga kemudian empat.

Adapun Ketua PSSI Erick Thohir menatakan akan mengevaluasi performa Timnas Indonesia pasca kalah dari Cina. Ini adalah kekalahan pertama skuad Garuda setelahnya berhasil menahan imbang Arab Saudi, Australia, lalu Bahrain. “Kita harus terus membantu Timnas Indonesia di tempat kala menang maupun kalah,” kata Erick. “Sepulang dia dari Cina saya akan mengadakan evaluasi.”

Pemain timnas Indonesia, Jay Idzes (tengah) beraksi di pertandingan keempat putaran ketiga kualifikasi Piala Bumi 2026 zona Asia pada Stadion Sepak Bola Remaja Qingdao, Cina, Selasa, 15 Oktober 2024. Indonesia kalah dari Cina dengan skor 2-1. REUTERS/Florence Lo.

Pilihan Editor: Komentar Pelatih Cina Branko Ivankovic Usai Kalahkan Timnas Indonesia dalam Kualifikasi Piala Bumi 2026

Related posts