Timnas Indonesia Kalah, Shin Tae-yong Akui Cina Berhasil Tunjukkan Tekad Lebih Kuat untuk Berhasil

Timnas Indonesia Kalah, Shin Tae-yong Akui Cina Berhasil Tunjukkan Tekad Lebih Kuat untuk Berhasil

Jakarta – Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong mengakui kekalahan timnya dari Cina pada pertandingan keempat kualifikasi Piala Planet 2024 zona Asia putaran ketiga di area Qingdao Youth Football Stadium pada Selasa, 15 Oktober 2024. Skuad Garuda harus menelan kekalahan pertama dengan skor 1-2 dari kelompok Negeri Tirai Bambu. 

Shin Tae-yong mengakui bahwa kedua kelompok memiliki keinginan kuat untuk menang, tetapi Cina berhasil menunjukkan tekad yang tersebut lebih tinggi kuat. “Meskipun kami kalah, kami melakukan yang tersebut terbaik. Ini adalah bukanlah akhir. Kami akan melakukan persiapan yang dimaksud baik untuk pertandingan berikutnya,” kata dia, disitir dari Xinhua.

Read More

Cina menang pasca mencetak gol di dalam fase pertama lewat aksi Behram Abduweli. Ia berhasil mengonversi umpan dari Jiang Shenglong yang tersebut memanfaatkan kesalahan Shayne Pattynama di menghalau bola meninggalkan juga kesalahan komunikasi lini pertahanan Timnas Indonesia pada menit ke-21. 

Shin Tae-yong mengakui kebobolan gol menimbulkan ritme permainan Timnas Indonesia berubah. “Kami harusnya lebih banyak berkonsentrasi ketika Cina mencetak gol pertama, kemudian kami tak boleh kehilangan penguasaan bola di tempat sana sebelum gol kedua mereka,” ucap dia.

Alih-alih mencetak gol penyeimbang, Indonesia justru kebobolan lagi pada menit ke-44.  Zhang Yuning memperdayai dua bek Indonesia lewat pergerakan tanpa bola lalu menerima umpan terobosan dari Gao Zhunyi. Di fase kedua, Indonesia memperkecil kedudukan lewat Thom Haye. 

Kemenangan ini menimbulkan Cina menyamai perolehan poin Indonesia dengan tiga poin pasca empat pertandingan di tempat Grup C yang tersebut terdiri dari enam tim. Jepang, Australia, Arab Saudi, dan juga Bahrain ketika ini menempati empat tempat teratas.

Delapan belas pasukan dibagi menjadi tiga grup dalam sesi ketiga kualifikasi AFC. Dua kelompok teratas dari setiap grup akan lolos dengan segera ke Piala Dunia, sementara kelompok peringkat ketiga dan juga keempat akan melaju ke fase kualifikasi tambahan.

Adapun Ketua PSSI Erick Thohir menatakan akan mengevaluasi performa Timnas Indonesia setelahnya kalah dari Cina. Hal ini kekalahan pertama skuad Garuda pasca berhasil menahan imbang Arab Saudi, Australia, lalu Bahrain. “Kita harus terus mengupayakan Timnas Indonesia di tempat kala menang maupun kalah,” kata Erick. “Sepulang dia dari Cina saya akan mengadakan evaluasi.”

Selebrasi pemain timnas Cina, Behram Abduweli setelahnya mencetak gol pertaman pada pertandingan keempat putaran ketiga kualifikasi Piala Bumi 2026 zona Asia di dalam Stadion Sepak Bola Remaja Qingdao, Cina, Selasa, 15 Oktober 2024. Indonesia kalah dari Cina dengan skor 2-1. REUTERS/Florence Lo.

Komentar Pelatih Cina Branko Ivankovic Usai Kalahkan Timnas Indonesia di area Kualifikasi Piala Global 2026

Related posts