Timnas Indonesia Kalah 1-2 dari Cina pada Kualifikasi Piala Global 2026, Shin Tae-yong Tak Menduga Lawan Pakai Taktik Klasik

Timnas Indonesia Kalah 1-2 dari Cina pada Kualifikasi Piala Global 2026,  Shin Tae-yong Tak Menduga Lawan Pakai Taktik Klasik

Jakarta – Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong menyatakan tidaklah menduga taktik yang tersebut diterapkan Cina pada pertandingan putaran ketiga kualifikasi Piala Bumi 2026 zona Asia dalam Qingdao, Selasa, 15 Oktober 2024. Dalam laga itu, Tim Garuda kalah 1-2.

Cina menang berkat gol yang tersebut dilesakkan Behram Abduweli pada menit ke-21 lalu Zhang Yuning pada menit ke-44. Indonesia hanya sekali mampu memperkecil ketertinggalan melalui gol Thom Haye pada menit ke-86.

Read More

“Karena kami kalah di tempat pertandingan ini, saya tidak ada mau memproduksi sejumlah alasan. Bagaimanapun, saya tidaklah menduga gaya bermain regu Cina. Mereka memainkan taktik klasik seperti bola-bola panjang, dengan kick and rush. Bagaimanapun itu kemungkinan besar merupakan alasan regu kami kalah pada hari ini,” kata Shin Te-yong pada jumpa pers usai laga seperti dikutipkan dari rekaman audio yang diterima pewarta.

“Saya sebenarnya mengapresiasi gaya bermain China, kami akan melakukan persiapan yang digunakan lebih banyak baik untuk pertandingan berikutnya,” kata dia.

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong. TEMPO/Randy

Selain itu, Shin juga cukup menyukai gaya permainan menyerang dengan penguasaan yang mampu diterapkan oleh para pemain asuhannya.

“Menurut saya, pada pertandingan hari ini kami mempunyai lebih banyak berbagai penguasaan bola, mungkin saja sekira 70-30. Dan khususnya pada sesi pertama, menurut saya kami menguasai 80 persen. Ini adalah situasi yang mana tidak ada beruntung, yang mana menyebabkan kami tak dapat mencetak gol” ujar Shin.

Perihal dua gol yang mana bersarang dalam gawang Indonesia yang dikawal Marteen Paes, instruktur Shin menilai timnya sedikit kurang konsentrasi sehingga dihukum dengan gol-gol tersebut.

“Sedikit kurang konsentrasi yang menyebabkan kemasukan gol pertama. Kami semestinya dapat tambahan berkonsentrasi. Dan untuk gol kedua, terdapat kesalahan. Kami semestinya tidaklah kehilangan bola akibat tekanan lawan di tempat sana,” ucap ahli dengan syarat Korea Selatan itu.

Berkat hasil ini, Indonesia gagal naik sikap dalam klasemen sementara Grup C dan juga tertahan di area sikap kelima dengan tiga poin. Kendati demikian, ahli Shin cukup yakin pasukannya akan mampu tampil lebih tinggi baik pada pertandingan-pertandingan kualifikasi Piala Planet 2026 berikutnya.

“Meski kami kalah, ini tidak akhir, maka kami akan mempersiapkan diri dengan lebih tinggi baik, agar pada pertandingan berikutnya kami dapat memperlihatkan penampilan yang lebih lanjut baik,” yakin Shin.

Perjuangan Indonesia dalam Grup C akan dilanjutkan pada November mendatang. Pada 14 November, pasukan Shin Tae-yong akan menjamu pemuncak klasemen, Jepang. Kemudian pada 19 November, Indonesia akan menjamu raksasa Asia lainnya, Arab Saudi.

Related posts