Menganalisa Persaingan Grup F Putaran Kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026

Timnas Indonesia sudah memastikan lolos ke putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Kepastian itu didapat usai tampil perkasa dalam dua pertandingan kontra Brunei Darussalam.

Skuad Garuda unggul agregat 12-0 atas Brunei Darussalam dalam putaran pertama. Setelah menghajar tim asuhan Mario Rivera 6-0 pada leg pertama, Timnas Indonesia kembali meraih kemenangan dengan skor identik di pertemuan kedua.

Timnas Indonesia pun melangkah mulus ke babak berikutnya. Pada putaran kedua, Skuad Garuda akan bersaing dengan Irak, Vietnam, dan Filipina di Grup F.

Lantas, bagaimana peta kekuatan empat tim tersebut sekaligus kans Timnas Indonesia? Berikut ulasan singkatnya.

Timnas Indonesia

Meski harus melalui putaran pertama untuk sampai ke babak ini, kekuatan Timnas Indonesia tentu tak bisa disepelekan. Tim asuhan Shin Tae-yong itu terus menunjukkan peningkatan signifikan.

Posisi Timnas Indonesia di ranking FIFA juga terus mengalami perbaikan. Berkat dua kemenangan atas Brunei Darussalam, Indonesia diprediksi naik ke peringkat 145.

Timnas Indonesia juga sempat beruji coba menghadapi tim sekelas Argentina yang merupakan juara Piala Dunia 2022. Jika bisa memaksimalkan laga kandang dan tidak kalah di markas Vietnam, posisi sebagai runner-up bisa dicapai oleh Skuad Garuda.

Irak

Irak adalah tim terkuat dan favorit di grup ini, jika dilihat dari ranking FIFA (peringkat 69), prestasi dan materi pemain. Irak pernah menjadi juara Piala Asia 2007.

Irak juga baru saja menjadi juara Gulf Cop Nations atau Piala Teluk 2023 dan diperkuat oleh mantan pemain Manchester United, Zidane Iqbal. Di final, Irak mengalahkan Oman dengan skor 3-2 setelah melewati dua kali babak tambahan.

Namun Irak bukan berarti tidak bisa dikalahkan, terutama oleh Timnas Indonesia. Jika melihat lima pertandingan terakhir, tim asuhan Jesus Casas itu meraih tiga kemenangan atas India, Thailand, dan Yordania serta menelan dua kekalahan dari Kolombia dan Qatar.

Vietnam

Selain Irak, Vietnam juga jadi saingan terberat Timnas Indonesia di Grup F. Kedua tim sudah cukup sering bertemu, baik di ajang SEA Games maupun Piala AFF.

Vietnam saat ini masih berstatus sebagai tim nomor satu di Asia Tenggara karena posisinya paling tinggi di ranking FIFA (96). Namun, Vietnam bukan berarti tidak bisa dikalahkan.

Performa Vietnam juga sedang turun belakangan ini. Setelah menang atas Suriah (1-0) dan Palestina (2-0), The Golden Star Warriors kalah tiga kali beruntun oleh China (0-2), Uzbekistan (0-2) dan Korea Selatan (0-6).

Filipina

Tim berikutnya yang ada di grup ini adalah Filipina. Tim berjuluk The Azkals itu relatif yang paling mudah dikalahkan oleh Timnas Indonesia.

Meski di ranking FIFA saat ini Filipina (132) berada di atas Indonesia (145), tetapi jika melihat performa dalam beberapa laga terakhir, harapan untuk Skuad Garuda lebih terlihat. Dari lima uji coba terakhir, Filipina hanya meraih dua kemenangan, satu kali imbang, dan menelan dua kekalahan.

Dua kemenangan itu didapatkan atas Afghanistan (2-1) dan Kirgiztan (1-0). Sedangkan kekalahan ditelan dari Chinese Taipei (2-3) dan Bahrain (0-1), dan satu hasil imbang diperoleh ketika bertanding lagi dengan Chinese Taipei (1-1).

Jadwal Grup F Putaran Kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia

• 16 November 2023
Irak Vs Timnas Indonesia
Filipina Vs Vietnam

• 21 November 2023
Timnas Indonesia Vs Filipina
Vietnam vs Irak

• 21 Maret 2024
Timnas Indonesia Vs Vietnam
Irak Vs Filipina

• 26 Maret 2024
Vietnam Vs Timnas Indonesia
Filipina Vs Irak

• 6 Juni 2024
Timnas Indonesia Vs Irak
Vietnam Vs Filipina

• 11 Juni 2024
Irak Vs Vietnam
Filipina Vs Timnas Indonesia

Related posts

Leave a Reply